Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PLN Manfaatkan PLTP Ulumbu untuk Tambah Pasokan Ruteng

Kamis, 11 Februari 2016 – 17:51 WIB
PLN Manfaatkan PLTP Ulumbu untuk Tambah Pasokan Ruteng - JPNN.COM
PLN. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memanfaatkan energi panas bumi untuk membantu sistem kelistrikan di Ruteng, Manggarai. Adapun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu ini terletak di desa Wewo, Manggarai dekat dengan gunung vulkanik Anak Ranaka.

PLTP Ulumbu mempunyai daya terpasang sebesar 4 x 2,5 MW (10 Mw) yang memasok aliran listrik ke dalam sistem Ruteng. Beberapa daerah yang mendapatkan aliran listrik dari PLTP ini yakni kabupaten Manggarai, sebagian Manggarai Timur dan Manggarai Barat.

"PLTP ini memanfaatkan sumber uap dari kaki gunung Pocoleok, diambil dari tiga sumur dengan kedalaman yang berbeda," ujar Plt Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi, Kamis (11/2).

Saat ini, sambung Agung, sistem listrik Ruteng dipasok dari PLTD Waso dan PLTP Ulumbu. Dengan adanya PLTP Ulumbu tersebut, PLN berhasil menekan BPP hingga 60 persen. Jika sebelumnya dipasok dari PLTD membutuhkan bahan bakar solar hingga 900 ton perbulan, kini hanya 150 ton perbulan.

"Yang sudah beroperasi 3 unit, nah rencananya Maret, 4 unit beroperasi. Artinya semua PLTD akan kami hentikan operasinya, dan tentu saja kami akan menghemat BPP, karena tidak ada lagi pembelian BBM jenis solar," ulas Agung. (chi/jpnn)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memanfaatkan energi panas bumi untuk membantu sistem kelistrikan di Ruteng, Manggarai. Adapun Pembangkit

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close