Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

NANTIKAN: Pesawat Tempur Made In Indonesia, Namanya...

Jumat, 12 Februari 2016 – 10:30 WIB
NANTIKAN: Pesawat Tempur Made In Indonesia, Namanya... - JPNN.COM
Suasana hanggar PT DI di Bandung. FOTO: JAWA POS

jpnn.com - BANDUNG - Pemerintah terus berupaya membangun kekuatan militer dengan memanfaatkan industri dalam negeri. Tentu saja hal itu diwujudkan dengan memberdayakan badan usaha milik negara (BUMN) strategis. Salah satunya adalah PT Dirgantara Indonesia (DI), perusa­haan negara legendaris yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat. 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) pun berinisiatif menjalankan program pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) lewat PT DI. 

Pesawat tempur buatan anak negeri yang menjadi mimpi panjang pemerintah bakal terwujud. Direktur PT DI Budi Santoso me­ngatakan, rencana pembuatan pesawat tempur IFX-KFX generasi 4.5 memang menjadi salah satu fokus PT DI saat ini. Sebab, itu bakal menjadi teknologi pesawat tempur pertama yang dimiliki Indonesia.

"Selama ini, PT DI memang berfokus untuk memproduksi pesawat angkut yang bisa diperuntukkan kepentingan militer atau komersial. Tapi, rencana ini akan membuat perusahaan kami mendapatkan teknologi untuk membuat pesawat tempur," ujarnya saat dijumpai awak media di Bandung kemarin (11/2).

Memang, lanjut dia, teknologi itu tak sepenuhnya berasal dari dalam negeri. Sebab, proyek itu adalah kerja sama dengan Korea Aerospace Industries (KAI), di mana Indonesia hanya menyumbang 20 persen dari total investasi. Namun, jika program itu berhasil, Indonesia setidaknya mendapatkan 90 persen ilmu pembuatan pesawat jet. (bil/sof)

BANDUNG - Pemerintah terus berupaya membangun kekuatan militer dengan memanfaatkan industri dalam negeri. Tentu saja hal itu diwujudkan dengan memberdayakan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close