Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rasis, Ajang Oscars Diboikot Artis

Jumat, 12 Februari 2016 – 19:20 WIB
Rasis, Ajang Oscars Diboikot Artis - JPNN.COM
Ilustrasi Oscars. Foto: mydailynews.com

jpnn.com - AMERIKA—Ajang penghargaan Oscars tahun ini diwarnai cela. Selepas pengumuman nominasi pada 14 Januari lalu, tagar #OscarsSoWhite menggema di media sosial. Aktris Jada Pinkett Smith bahkan dengan tegas menolak datang pada malam puncak 28 Februari itu.

Pengumuman nominasi memang mengecewakan banyak selebriti dan pekerja seni di dunia perfilman. Pasalnya, seluruh nomine berkulit putih. Padahal, sepanjang 2015, cukup banyak film yang menyorot kehidupan kaum berkulit gelap. 

Sebut saja ConcussionsStraight Outta BromptonCreed, hingga Beasts of No Nation. Beberapa di antaranya menjadi nomine dalam People's Choice Awards, Golden Globes, dan Screen Actors Guild (SAG) Awards. Kekecewaan tersebut diungkapkan Pinkett Smith lewat bentuk boikot.

''Kurasa, inilah waktunya kaum kulit berwarna menunjukkan bahwa kita juga punya daya dan kekuatan. Kami tidak akan memohon atau meminta pengakuan, karena itu hanya akan melukai harga diri kami,'' tegas istri aktor Will Smith tersebut sebagaimana dikutip CNN.

Ibu dua anak itu juga mengungkapkan, kalangan pekerja seni berkulit berwarna akan membuat ''tandingan'' Oscars. Gerakan boikot yang digalang per tengah Januari tersebut juga dapat dukungan sang suami, juga aktor Idris Elba, serta sutradara Spike Lee. 
Presiden Academy Awards Cheryl Boone Isaacs mengungkapkan, cukup kecewa dengan nominasi yang 'kurang berwarna'' tersebut'.

''Tahun lalu adalah tahun yang baik dan amat kaya buat dunia perfilman. Kami sadar, ini waktunya meningkatkan keberagaman dalam Oscars,'' ungkapnya.

Keberagaman yang dimaksud Isaacs bukan hanya dalam perkara nominasi. Para pemilik suara di AMPAS juga perlu dirombak ulang. Kepanitiaan yang beranggota sekitar 7 ribu orang tersebut didominasi laki-laki, kulit putih, serta kebanyakan telah berusia sepuh.
(fam/len/c17/ayi/flo/jpnn) 

 

AMERIKA—Ajang penghargaan Oscars tahun ini diwarnai cela. Selepas pengumuman nominasi pada 14 Januari lalu, tagar #OscarsSoWhite menggema

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close