Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Luapan Ciliwung Sebabkan Longsor

Sabtu, 13 Februari 2016 – 09:52 WIB
Luapan Ciliwung Sebabkan Longsor - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Hujan deras yang turun sejak siang hingga sore kemarin, Jumat (12/2), membuat beberapa wilayah di Jakarta Selatan dilanda banjir. Belasan titik genangan air juga terlihat di kawasan paling selatan Ibu Kota tersebut. Bahkan di Jalan Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan longsor. 

Pantauan INDOPOS, depan jalan masuk (pangkalan ojek) menuju Jalan Gardu ditutup. Di sana terpasang imbauan kalau akses jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat dan terpampang tulisan, ’Maaf Jalan di Tutup.  Ada Longsor. Kendaraan Roda Empat Tidak Boleh Masuk’. 

Washim, 37, warga RT 11/02, mengatakan kalau lokasi longsor dekat dengan jalan masuk ke gedung SMA Negeri 109 Srengseng Sawah. ”Ini longsor yang kedua kalinya,” terangnya. Dia juga mengatakan, longsor terjadi saat hujan turun deras sekali.

”Selain jalanan longsor ada juga dua rumah yang ada di dekat sungai longsor. Tapi lokasinya di seberang Sungai Ciliwung, bukan yang masuk Srengseng. Tapi masuknya di Kecamatan Kelapa Dua sana,” ungkapnya juga. 

Menurutnya juga, petugas dari Dinas PU Jalan dan Air DKI Jakarta sudah melakukan pengecekan ke lokasi longsong yang berada di RT 10/02 tersebut. Untuk diketahui lokasi longsor cukup tinggi menjorok ke Sungai Ciliwung. Jarak jalan dari sungai diperkirakan 15 meter.  

”Ini berbahaya sekali pak, jalannya sangat curam juga. Tanah dan bebatuan tergerus air sehingga longsor. Biasanya ini jalan di akses warga sekitar dan juga para pelajar yang sekolah persis dekat dengan lokasi longsor ini,” paparnya juga. 

Sementara itu, hujan deras yang mengguyur Jakarta mengakibatkan 43 rumah di Jalan Kemenyan, RT 08/05, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, terendam banjir. Ketinggian air di lokasi mencapai 50 centimeter (cm). Sedikitnya, 43 rumah terendam banjir di sana.

Ketua RT 08, Taufik mengatakan banjir di RT 08/05 karena faktor dataran rendah dan lintasan kali mengarah ke Kali Setu. Menurutnya, kondisi kali yang menyempit menjadi salah satu penyebab kawasna itu kerap tergenang meski hujan hanya sebentar.

JAKARTA - Hujan deras yang turun sejak siang hingga sore kemarin, Jumat (12/2), membuat beberapa wilayah di Jakarta Selatan dilanda banjir. Belasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close