Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Batam-Bintan Juga Dibanjiri Wisman Tiongkok

Sabtu, 13 Februari 2016 – 12:58 WIB
Batam-Bintan Juga Dibanjiri Wisman Tiongkok - JPNN.COM
Menteri Pariwisata Arief Yahya. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Promosi pariwisata yang gencar di Tiongkok rupanya semakin terasa di awal tahun 2016 ini. Batam-Bintan yang sering disebut dengan istilah Great Batam, juga dikepung wisman asal Negeri Tembok Raksana itu. Bedanya, mereka menyeberang dari negara tetangga Singapura melalui jalur laut. Tidak langsung terbang dari kota-kota di Tiongkok.

“Bagi kami, itu tidak menjadi soal, mau datang darimana saja yang penting masuk, merayakan Imlek di Indonesia dengan status wisatawan,” kata Menpar Arief Yahya, Jumat (12/2).

Dari data BPPD Kepri, hotel dan penginapan di kedua kawasan tersebut penuh. Saat libur Imlek, 8 Februari 2016 itu seminggu sebelum dan sesudahnya sudah fully book. Wisatawan Tiongkok tercatat paling banyak membanjiri kawasan Batam dan Bintan tersebut.

“Itulah pentingnya kita mempromosikan Wonderful Indonesia di Singapore. Di sanalah international hub yang efektif untuk berpromosi,” papar Mantan Dirut PT Telkom ini.

Dari data di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, sejak Jumat (5/2/2016), jumlah wisatawan masuk mencapai 1.800 orang. 

Sabtu (6/2/2016), jumlah kunjungan wisatawan mencapai 2.300 orang. Pada hari Minggu (7/2), jumlahnya menembus 2.800 orang. Selanjutnya, Senin (8/2/2016), angka kunjungan mencapai 1.800 orang.

“Ada 8.900 wisman selama empat hari itu. Ini lebih banyak dari hari libur akhir pekan biasanya. Saat libur akhir pekan biasanya hanya berkisar 1.500-1.800 orang,” kata Menpar Arief Yahya yang didampingi Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Luar Negeri Kementerian Pariwisata I Gde Pitana dan Asisten Deputi Pemasaran Wilayah ASEAN Rizky Handayani, kemarin.

Menurut Arief Yahya, pihaknya menaruh perhatian serius pada turis Tiongkok. Promosi dan aneka pagelaran selalu disiapkan untuk lebih mendatangkan turis Negeri Panda itu. Tiongkok adalah pasar potensional.

JAKARTA – Promosi pariwisata yang gencar di Tiongkok rupanya semakin terasa di awal tahun 2016 ini. Batam-Bintan yang sering disebut dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close