Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Masyarakat Pulau Liran Berobat di Atas Kapal Perang TNI AL

Sabtu, 13 Februari 2016 – 14:47 WIB
Masyarakat Pulau Liran Berobat di Atas Kapal Perang TNI AL - JPNN.COM
Warga masyarakat Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, mendapat pelayanan pengobatan di atas KRI dr. Soeharso-990, FOTO: Puspen TNI for JPNN.com

jpnn.com - MALUKU – Sebanyak 348 masyarakat di Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, mendapat pelayanan pengobatan di atas KRI dr. Soeharso-990, kemarin. Pengobatan berlangsung di atas KRI dr. Soeharso dengan Komandan Letkol (P) Ashari Alamsyah.

Situasi medan yang kurang baik sehingga masyarakat dievakuasi dengan menggunakan perahu. Misi Kemanusiaan dalam Pelayanan Kesehatan yang dilakukan oleh TNI di Pulau-Pulau Terdepan Indonesia seperti Pulau Lakor, Moa, Leti, Kisar, Wetar dan Liran. Hal tersebut sebagai tindak lanjut perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beberapa waktu lalu.

Tercatat Tim Kesehatan TNI sudah menerima pasien yang berobat sebanyak 348 orang dari 1.000 jumlah penduduk terdiri dari 146 orang Poli Umum, 12 orang Poli Gigi, 20 orang THT, 9 orang Bedah Minor, 17 orang Bedah Umum, 30 orang Poli Mata, 27 orang Poli Penyakit Dalam, 14 orang Poli Spesialis Syaraf, 57 orang Poli Spesialis Anak, 1 (satu) orang Poli Spesialis Jantung dan 15 orang Poli Kulit/Kelamin.

Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS selaku Komandan Satgas Bantuan Sosial (Dansatgas Bansos) pada saat pelayanan pengobatan di Pulau Liran mengatakan, TNI siap melaksanakan segala situasi yang ada dengan perencanaan yang demikian singkat. Dengan kesiapan yang mendadaak ternyata kita mampu membuktikan, bagaimana sulit medannya dan bagaimana motivasi serta semangat jiwa juang dan solidaritas dari Prajurit TNI.

“Satgas Bansos TNI telah melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan di enam Pulau Terluar Indonesia yaitu, Pulau Lakor, Moa, Leti, Kisar, Wetar dan terakhir di Pulau Liran,” ujar Mayjen TNI Ben Yura Rimba.

Enam hari Satgas Bansos TNI melaksanakan kegiatan. Satu hari satu Pulau, biasanya kalau operasi seperti ini 3 (tiga) hari, satu hari mendarat, satu hari dilakukan pelayanan, dengan penuh tekad langsung melaksanakan pelayanan, kemudian kembali ke kapal.

Hal ini membuktikan bahwa TNI mampu melaksanakan tugas dengan baik serta bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa semua dapat berjalan dengan baik. Tanggapan dari masyarakat juga baik, dan sampai saat ini seluruh personel dalam keadaan aman dan baik,” ujar Dansatgas Bansos TNI. 

Ben Yura Rimba, juga menuturkan, kendala yang dihadapi selama bertugas adalah medan dan cuaca dengan kondisi keterbatasan saluran internet yang tidak dapat akses. Namun demikian, seberat apapun kendala ini bisa dilewati walaupun gelombang sampai dua meter tetap di tempuh dengan baik. Kendala yang berikutnya masalah personel, kemampuan kapal tidak ada masalah, yang dikhawatirkan pada saat itu adalah kalau sampai kehabisan obat-obatan, tapi berkat bekerja sama dengan Menteri Kesehatan, hal ini dapat teratasi.

MALUKU – Sebanyak 348 masyarakat di Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, mendapat pelayanan pengobatan di atas KRI dr.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close