Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tolong, SD ini jadi Langganan Luapan Bengawan Solo

Jumat, 26 Februari 2016 – 18:12 WIB
Tolong, SD ini jadi Langganan Luapan Bengawan Solo - JPNN.COM
SDN Pilanggede di Desa Pilang Gede Kecamatan Balen Bojonegoro sering kebanjiran. Foto: pojokpitu.com

jpnn.com - BOJONEGORO—Para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pilanggede di Desa Pilang Gede Kecamatan Balen Bojonegoro sejak Kamis (25/02) diliburkan oleh kepala sekolah mereka.

Pasalnya, luapan air Bengawan Solo yang berada di belakang sekolah yang berjarak kurang lebih 10 meter, meluap dan menggenangi sekolah ini. Sementara itu, genangan air di sekolah ini dimanfaatkan oleh para siswa - siswi untuk bermain air. 

Akibat luapan sungai terpanjang di Pulau Jawa ini, para murid di SDN Pilang Gede merasa sedih karena mereka tidak bisa belajar seperti biasa. SDN Pilang Gede sendiri setiap tahunnya menjadi langganan luapan Sungai Bengawan Solo. Setiap kali Sungai Bengawan Solo meluap, sekolah ini selalu diliburkan. Sejak bulan lalu sekolah ini sudah meliburkan siswa - siswinya sebanyak 3 kali, akibat luapan Sungai Bengawan Solo. 

Selain merendam sekolah, sebanyak 40 desa di 16 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro terdampak luapan Sungai Bengawan Solo. Kabupaten Bojonegoro sendiri setiap tahunnya menjadi langganan banjir luapan itu.

Sementara itu, tren luapan Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro pada hari ini mengalami penurunan. BPBD Kabupaten Bojonegoro telah menurunkan status siaga 2 atau siaga kuning, ke siaga 1 atau siaga hijau.(end/flo/jpnn)

 

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close