Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Warga Menghalau Makhluk Raksara yang Menelan Matahari

Senin, 07 Maret 2016 – 08:27 WIB
Begini Cara Warga Menghalau Makhluk Raksara yang Menelan Matahari - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: AFP

jpnn.com - TERNATE – Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 benar-benar dimanfaatkan pemerintah daerah untuk memancing datangnya wisatawan. Di Halmahera Barat (Halbar) misalnya, suara riuh yang berasal dari 500 buah tempurung kelapa bakal meramaikan Kota Jailolo, Provinsi Maluku Utara, Rabu (9/3) mendatang.

Ketok 500 tempurung ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dicetus Pemerintah Kabupaten Halbar untuk menyambut GMT. Tempurung kelapa akan dipukul bertalu-talu oleh warga tepat ketika kegelapan menyelimuti Halbar.

”Ketok tempurung ini dipusatkan di lapangan Festival Teluk Jailolo (FTJ) yang sekaligus menjadi titik pantau,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Ekonomi Kreatif Halbar, Fenny Kiat kepada Malut Post (Grup JPNN), kemarin (6/3).

Pengetokan tempurung kelapa ini tak lepas dari mitos yang diyakini masyarakat setempat. Menurut kepercayaan warga, ketika terjadi gerhana, matahari tengah ditelan oleh raksasa. Bunyi tempurung yang diketok bertalu-talu akan mengusir pergi makhluk berukuran besar itu.

Mitos ini tak beda jauh dengan mitos di sejumlah daerah lainnya di Indonesia. ”Membuat bunyi-bunyian saat gerhana telah menjadi tradisi di daerah sini. Tempurung akan dipukul selama 1,3 menit, persis lamanya GMT melintasi Halbar kali ini,” sambung Fenny.(tim/kai/fri/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close