Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Serahkan Hasil Audit ke BPK, Hasilnya?

Jumat, 15 April 2016 – 04:53 WIB
Kemenhub Serahkan Hasil Audit ke BPK, Hasilnya? - JPNN.COM
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Foto Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengapresiasi komitmen Kementerian Perhubungan, yang telah menyampaikan Ikhtisar Hasil Audit Triwulan (IHAT) IV 2015. Langkah Kemenhub dinilai sebagai bentuk tanggung jawab menjaga akuntabilitas dalam tata kelola keuangan negara.

Laporan IHAT IV 2015 itu diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kepada Anggota I BPK Agung Firman Sampurna di Kantor BPK Jakarta, Kamis (14/4).

"Ada 136 Laporan Hasil Audit (LHA) dengan 789 temuan. Fokus Kemenhub selain kepatuhan terhadap perundang-undangan juga memprioritaskan apa yang dihasilkan. Dari temuan itu yang telah ditindaklanjuti sebanyak 99 persen per akhir 2015,” ujar Jonan.

Sementara, Inspektur Jenderal Cris Kuntadi menambahkan, ada penurunan jumlah LHA Kemenhub pada 2015, yakni sebanyak 2.577 temuan dibandingkan jumlah LHA 2014, yang berjumlah 4.130.

Dari 2.577 temuan selama 2015 telah ditindaklanjuti sebesar 2.166 temuan. "Hal ini membuktikan kapabilitas Inspektorat Jenderal Kemenhub yang berfungsi sebagai Quality Assurance dan Consulting," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyelamatkan uang negara sekitar Rp 1,12 triliun selama 2015. Uang itu kini sudah dikembalikan kepada negara.

Penyerahan IHAT merupakan kewajiban bagi Aparat Pengawas Internal Pemerintah untuk menyerahkan hasil auditnya kepada BPK. Penyerahan hasil audit ini merupakan wujud komitmen  dari setiap pimpinan entitas untuk melaksanakan tata kelola keuangan secara akuntabel dan transparan. (chi/jpnn)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengapresiasi komitmen Kementerian Perhubungan, yang telah menyampaikan Ikhtisar Hasil Audit Triwulan (IHAT)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close