Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Cara Bedakan Gorengan Campuran Plastik

Minggu, 24 April 2016 – 09:01 WIB
Ini Cara Bedakan Gorengan Campuran Plastik - JPNN.COM
Gorengan. Foto; wikipedia

jpnn.com - SURABAYA—Isu gorengan yang diolah dengan campuran plastik kembali mencuat di Surabaya. Setelah mendapati cerita langsung dari pedagang gorengan, kemarin Jawa Pos mencoba untuk menggoreng makanan dengan mencampurkan plastik.

Saat ditiriskan, gorengan tersebut terlihat mengilap. Namun, warnanya lebih cokelat daripada gorengan tanpa plastik. Saat dipegang, minyak pada gorengan itu terasa lebih lengket, tidak licin. Memang benar, saat mencicipi tepung bercampur plastik tersebut, rasanya lebih kriuk. Hanya digigit kok, tidak dimakan.

Cara membedakannya sebenarnya cukup mudah. Bakar saja gorengan itu. Jika gorengan biasa dibakar, aromanya seperti ayam panggang. Namun, jika gorengan dicampur plastik, baunya lebih sangit. Mirip sampah plastik yang dibakar.

Jika jajanan gorengan yang dicampur plastik dibakar, akan terlihat warna putih pada adonan tepung. Apinya pun tidak langsung membakar permukaan tepung pada gorengan. Seperti ada percikan kecil.

Kalau penjualnya lebih banyak mencampur plastik, bisa jadi plastik ikut meleleh saat dibakar. Sama dengan tetesan lilin. Tetesan plastik yang mencair akan mengalir ke bawah. Itu bisa dipakai sebagai langkah antisipasi saat mengonsumsi gorengan di tempat umum. (tim jawa pos/c7/fat/flo/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close