Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar: Indonesia Miliki Modal jadi Negara Maju

Selasa, 26 April 2016 – 13:56 WIB
Pakar: Indonesia Miliki Modal jadi Negara Maju - JPNN.COM
Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Rokhmin Dahuri (ketiga kanan) usai memberikan pembekalan kepada perwira siswa Seskoal di Jakarta, Selasa (26/4). Rokhmin menyampaikan materi dengan judul “Pembangunan Kelautan menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”. FOTO: Dok. Seskoal for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Rokhmin Dahuri mengatakan Indonesia memiliki modal dasar lengkap untuk menjadi negara maju. Jumlah penduduk terbesar keempat di dunia merupakan potensi human capital (daya saing) dan pasar domestik yang luar biasa besar.

Indonesia juga memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) serta posisi geoekonomi dan geopolitik yang sangat strategis. Kinerja dan status pembangunan ekonomi Indonesia, diantara negara-negara Asean untuk tingkat kemakmuran merupakan peringkat ke lima. Namun masih ada hambatan atau penyebab ketertinggalan Indonesia.

“Sedangkan peta jalan pembangunan kelautan menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia sudah tertuang dalam 9 program pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla 2014-2019 yang disebut “Nawa Cita” dan dalam sektor prioritas pembangunan kabinet kerja,” kata Rokhmin Dahuri saat memberikan pembekalan kepada perwira siswa Seskoal di Jakarta, Selasa (26/4).

Rokhmin menyampaikan materi dengan judul “Pembangunan Kelautan menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”.

Dalam pembekalan tersebut, hadir Kepala Departemen Kejuangan Seskoal Kolonel Laut (P) Sunarno Adi dan sebanyak 150 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-54 Tahun Pelajaran 2016. Mereka terdiri dari 139 Perwira Siswa (Pasis) TNI Angkatan Laut, 2 Pasis masing-masing dari TNI AD dan TNI AU.

Selain itu, tujuh Pasis mancanegara masing-masing dari Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Malaysia, Pakistan, dan Singapura.

Rokhmin optimistis Indonesia mampu menjadi negara maritim yang maju, makmur, kuat, dan berdaulat berbasis ekonomi kelautan, pertahanan dan keamanan, dan budaya maritim. Juga mampu menjadi teladan (memimpin) dalam berbagai kemajuan di bidang kelautan seperti pendidikan, R & D, IPTEK, infrastruktur, ekonomi, dan manajemen dan tata kelola ekosistem pesisir dan lautan (ocean governance).

Pembekalan diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Perwira Siswa Dikreg Seskoal kepada Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB Rokhmin Dahuri.(fri/jpnn)

JAKARTA – Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Rokhmin Dahuri mengatakan Indonesia memiliki modal

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close