Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Politikus PKS: Utamakan Ini Dibandingkan RUU Tax Amnesty

Kamis, 28 April 2016 – 23:58 WIB
Politikus PKS: Utamakan Ini Dibandingkan RUU Tax Amnesty - JPNN.COM
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Ecky Awal Mucharam. FOTO: Humas Fraksi PKS DPR

jpnn.com - JAKARTA – Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Ecky Awal Mucharam menegaskan bahwa RUU Tax Amnesty mencederai prinsip keadilan sosial yang dianut oleh konstitusi UUD 1945 dan Pancasila Sila Kelima.

Sebab, dengan adanya penerapan Tax Amnesty tersebut, para pengemplang pajak yang menyimpan dan tidak melaporkan kekayaannya di luar negeri dalam bentuk Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) kepada pemerintah Indonesia, cukup membayar tarif tebusan sebesar 1-6 persen. Pengemplang juga mendapatkan kemudahan dengan penghapusan sanksi administrasi dan pidana perpajakan.

Sementara di sisi lain, ada ibu-ibu yang membeli minyak goreng dikenakan pajak PPN, ada karyawan yang dipotong gajinya karena PPH, dan ada petani yang kena pajak PBB. Kontribusi ini sangat besar untuk pembangunan, dibandingkan dengan para pengemplang pajak tersebut yang jumlahnya kurang dari 1 persen tapi menguasai 50 persen lebih kekayaan Indonesia. Ini mencederai Keadilan Sosial,” ujar Ecky saat menjadi keynote speech Focus Group Duscussion (FGD) Fraksi PKS DPR bertajuk “Urgenkah RUU Pengampunan Pajak?” di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/4).

Oleh karena itu, Ecky lebih mendorong agar pembahasan Revisi RUU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) Nomor 6 Tahun 1983 lebih diutamakan, dibandingkan RUU Tax Amnesty. Agar pemerintah lebih mempersiapkan reformasi struktural perpajakan, baik dari segi regulasi, maupun transparansi, sebelum adanya era keterbukaan yang ditandai dengan adanya AEOI (Automatic Exchange of Information) akhir tahun 2017.

Jadi, tidak usah khawatir tidak akan mendapatkan dana itu. Sebab, investasi akan datang kalau kita memperbaiki regulasi perpajakan juga infrastruktur kelistrikan, jalan, dan sebagainya,” katanya.

Diketahui, dalam FGD ini juga turut mengundang beberapa narasumber seperti Yustinus Prastowo (Center for Taxation Analysis), Firdaus Ilyas (Divisi Monitoring dan Analisa Anggaran ICW), dan Haula Rosdiana (Guru Besar Ilmu Kebijakan Pajak UI).(fri/jpnn)

JAKARTA – Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Ecky Awal Mucharam menegaskan bahwa RUU Tax Amnesty mencederai prinsip keadilan sosial yang dianut

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close