Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PMKRI Dukung Usulan Amandemen Konstitusi

Jumat, 29 April 2016 – 02:27 WIB
PMKRI Dukung Usulan Amandemen Konstitusi - JPNN.COM
Ketua Presidium PP PMKRI, Angelius Wake Kako (tengah) bersama jajaran PP PMKRI dan foto bersama Ketua DPD RI, Irman Gusman usai audiensi di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Kamis (28/4). FOTO: Humas DPD RI

jpnn.com - JAKARTA – Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) mendukung wacana amandemen UUD 1945 dalam rangka memperkuat kewenangan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dalam hal legislasi.

Hal ini disampaikan Ketua Presidium PP PMKRI, Angelius Wake Kako saat audiensi dengan Ketua DPD RI, Irman Gusman di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Kamis (28/4).

Menurutnya, DPD RI adalah kekuatan penyeimbang dan penyambung lidah antara daerah dan pusat. Untuk itu, DPD RI memiliki peran yang sangat strategis dan dibutuhkan oleh daerah. Sayangnya, fungsi DPD RI saat ini masih lemah secara konstitusi.

Meski demikian, Angelius menilai peluang penguatan DPD RI melalui wacana amandemen patut untuk diperjuangkan agar DPD RI memiliki kekuatan untuk menindaklanjuti kepentingan daerah.

“Fungsi DPD masih lemah, tapi kami melihat ada wacana amandemen. Dari diskusi di internal PMKRI kami setuju untuk mendukung amandemen penguatan DPD RI,” ujarnya.

Lebih lanjut, Angelius menambahkan sebagai generasi muda pihaknya berharap dapat menyumbangkan sedikit pemikiran tentang perlunya amandemen untuk DPD RI. Ia juga menyayangkan berbagai pihak yang justru mewacanakan pembubaran DPD RI, terlebih dengan adanya konflik di internal DPD RI.

“Harapan kami masalah internal segera diselesaikan dan bersiap utk menyambut agenda utama yaitu amandemen. Kami harapkan DPD bisa berdiskusi dan tolong dipikirkan utk menyelesaikan konflik internal ini," harapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD RI Irman Gusman menilai wacana pembubaran DPD RI adalah sebuah kemunduran. Hal yang dibutuhkan saat ini adalah penguatan DPD RI melalui dukungan terhadap amandemen konstitusi.

JAKARTA – Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) mendukung wacana amandemen UUD 1945 dalam rangka memperkuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close