Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rabobank Lirik Potensi Kredit Perikanan

Jumat, 29 April 2016 – 23:56 WIB
Rabobank Lirik Potensi Kredit Perikanan - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Malut Pos

jpnn.com - SURABAYA – PT Rabobank International Indonesia berniat memacu penyaluran kredit di sektor perikanan di Jawa Timur. Bank asal Belanda itu menilai, potensi industri perikanan di Jatim mampu menjadi salah satu pilar ekonomi.

Director Strategy and Business Change Rabobank Hans Loth mengatakan, potensi bisnis perikanan di Indonesia sangat besar. Hal itu ditunjukkan posisi Indonesia sebagai negara pengekspor ikan laut terbesar kesepuluh di dunia. Devisa yang dihasilkan mencapai USD 3 miliar pada 2014.

Meski potensinya sangat besar, Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan negara tetangga, misalnya Tiongkok dan Thailand, maupun Norwegia yang menduduki peringkat tiga teratas.

’’Salah satu daerah yang sudah kami masuki adalah Aceh,’’ kata Hans. Di Aceh, Rabobank menggandeng koperasi untuk menyalurkan kredit di sektor perikanan.

Jatim menjadi bidikan Rabobank berikutnya. Sebab, kontribusinya mencapai 7,3 persen dari total produksi sektor perikanan nasional. Jatim berada di posisi keempat setelah Sulawesi Selatan (21,6 persen), Nusa Tenggara Timur (13,7 persen), dan Sulawesi Tengah (8,5 persen).

Director Business Banking Rabobank Jopie Jusuf menambahkan, Jatim adalah pasar penting bagi Rabobank. Sebab, 21 persen penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) Jatim berasal dari sektor pangan dan agribisnis.

’’Hingga akhir 2016, Rabobank menargetkan penyaluran kredit business banking Rp 1 triliun,’’ katanya. (rin/c4/noe)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close