Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Astaga! 3500 liter Solar Ilegal Ditimbun Selama ini

Senin, 02 Mei 2016 – 06:14 WIB
Astaga! 3500 liter Solar Ilegal Ditimbun Selama ini - JPNN.COM
Solar ilegal. Foto: pojokpitu

jpnn.com - TUBAN--Polres Tuban bersama Pertamina EP berhasil menggerebek enam lokasi pengoplosan dan penjualan BBM ilegal berkualitas rendah. Dalam penggerebekan tersebut, petugas berhasil mengamankan 3.500 liter solar ilegal dan enam orang tersangka.

Barang bukti kejahatan ini disita dari enam lokasi pengoplosan dan penjualan solar ilegal di sepanjang jalur pantura wilayah Kecamatan Bancar dan Tambakboyo, Tuban, Jawa Timur.

Penggerebekan bermula dari informasi masyarakat bahwa marak terjadi praktik pengoplosan dan penjualan solar ilegal di sepanjang jalur pantura. Yang dijadikan tersangka oleh petugas adalah para pemilik usaha tersebut. Yaitu Tardi, Kasmudi, Kusmen, Sampurno, Nanang, dan Sutanto.

para tersangka mendapat bahan baku minyak mentah dari penambangan tradisional di wilayah Banyuurip. Cairan tersebut kemudian diolah sendiri, hingga menjadi solar berkualitas rendah.

“Meski mampu menghidupkan mesin kendaraan, solar ilegal ini jika digunakan terus menerus bisa merusak mesin,” ujar Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan.

Keenam tersangka dijerat pasal 53 huruf C undang undang RI nomor 22 tahun 2001 tentang migas, dengan ancaman tiga tahun penjara. Namun, karena ancaman di bawah lima tahun, maka petugas tidak melakukan penahanan terhadap para tersangka.(end/flo/jpnn)

 

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close