Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alhamdulillah, ada Kabar Gembira Bagi Warga di Ketapang

Selasa, 03 Mei 2016 – 05:59 WIB
Alhamdulillah, ada Kabar Gembira Bagi Warga di Ketapang - JPNN.COM
PLTU Ketapang yang akan segera dioperasikan. Foto Dok Humas PLN

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mempercepat pembangunan pembangkit dari energi baru terbarukan serta pembangkit listrik tenaga uap. Awal Mei di Kalimantan Barat, PLN tengah melakukan persiapan untuk mengoperasikan Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ketapang berkapasitas 2x10 Megawatt (MW).

"PLTU ini telah berhasil sinkron ke sistem Ketapang dan siap memasuki tahapan tes selanjutnya yaitu reliability run pada pertengahan Mei ini," ujar Senior Manajer Public Relation PLN Agung Murdifi dalam siaran persnya, Selasa (2/4).

Salah satu unit pembangkit ini diperkirakan akan beroperasi memasok listrik ke pelanggan pada akhir Mei mendatang. Sedangkan mesin lainnya akan siap beroperasi pada Agustus 2016.

Tambahan pasokan daya tersebut sambung Agung, nantinya akan menggantikan Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sukaharja, yang saat ini memasok pelanggan di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Agung menjelaskan, dari jumlah total pelanggan di wilayah Kalimantan Barat yakni 932.869 pelanggan, PLN Area Ketapang menyumbang 10 persen pelanggan atau mencapai 94.564.

"Daya mampu sistem di Ketapang saat ini adalah 26 MW dengan beban puncak 31 MW. Untuk itu, kehadiran PLTU Ketapang ini akan menutupi defisit sistem isolated ketapang dan sekitarnya," terangnya.

Untuk memperkuat kelistrikan di Kalimantan, PLN juga telah berencana membangun sejumlah pembangkit, transmisi dan gardu induk hingga 2024. (chi/jpnn)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mempercepat pembangunan pembangkit dari energi baru terbarukan serta pembangkit listrik tenaga uap.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close