Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rizal Ramli dan Susi Sambangi Pulau Hasil Reklamasi, Ini Komentarnya

Rabu, 04 Mei 2016 – 11:50 WIB
Rizal Ramli dan Susi Sambangi Pulau Hasil Reklamasi, Ini Komentarnya - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli bersama Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Gubernur DKI Basuki T Purnama saat meninjau pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta, Rabu (4/5). Foto: A Gilang/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli meninjau lokasi reklamasi Teluk Jakarta, yakni Pulau C dan D, Rabu (4/6). Turut menyertainya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, serta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Kami mendatangi lokasi reklamasi karena ingin melihat kondisi yang sesungguhnya," kata Rizal di Pulau D.

Menurutnya, reklamasi merupakan suatu hal yang biasa di setiap negara. Namun, katanya, memang ada risikonya.

Ia menjelaskan, dampak reklamasi ada pada lingkungan hidup dan kemungkinan banjir. Karenanya ia mengingatkan pentingnya perencanaan dan tata ruang yang baik.

Menteri yang mendapat julukan 'Rajawali Ngepret' itu menjelaskan, ada tiga kepentingan terkait reklamasi. Pertama adalah negara. Kemudian, kepentingan rakyat dan publik, termasuk nelayan. Terakhir, kepentingan bisnis dan komersial.  

Rizal mengatakan, negara memiliki peranan penting untuk mengontrol tiga kepentingan itu. Caranya adalah dengan  membuat aturan dan undang-undang yang harus dilaksanakan, termasuk oleh pengembang.

"Negara yang atur dan kita enforce. Kalau enggak, mau jadi apa negara kita jika semua diatur swasta? Swasta bisa seenak-enaknya," ‎ungkap Rizal. (gil/jpnn)

 

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close