Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UNHCR Minta Australia Pindahkan Pengungsi dari Pulau Manus dan Nauru

Kamis, 05 Mei 2016 – 15:00 WIB
UNHCR Minta Australia Pindahkan Pengungsi dari Pulau Manus dan Nauru - JPNN.COM

Badan urusan pengungsi PBB UNHCR meminta agar para pengungsi dan pencari suaka untuk segera dipindahkan dari detensi imigrasi di Pulau Manus dan Nauru. Kedua detensi imigrasi itu dibiayai oleh pemerintah Australia.

Tim UNHCR mengunjungi Detensi Imigrasi di Nauru ketika Omid Masoumali, pencari suaka asal Iran, melakukan aksi membakar diri. Dia sempat diterbangkan ke Brisbane namun nyawanya tak tertolong lagi.

Beberapa hari kemudian, pencari suaka lainnya, seorang perempuan berusia 21 tahun asal Somalia, juga melakukan aksi serupa. Dia kini masih mendapatkan perawatan di Brisbane.

"Tidak diragukan lagi kebijakan Australia mengenai pemrosesan pencari suaka di luar Australia dengan cara menampung mereka di detensi, merupakan kebijakan yang berbahaya," demikian dikatakan UNHCR.

"Sekitar 2 ribu pengungsi dan pencari suaka kini berada di Pulau Manus dan Nauru, dan pengelolaannya tidak dapat dilanjutkan," katanya.

Ditambahkan, perhatian UNHCR saat ini adalah agar mereka segera dipindahkan ke lokasi yang lebih layak dan manusia.

Tim UNHCR secara reguler mengunjungi detensi imigrasi ini untuk memantau kondisi pengungsi dan pencari suaka yang ditahan di sana.

Catherine Stubberfield dari kantor UNHCR di Canberra kepada ABC mengatakan kejadian aksi bakar diri menggambarkan terjadinya penurunan kondisi mental setelah tinggal bertahun-tahun di Nauru.

Badan urusan pengungsi PBB UNHCR meminta agar para pengungsi dan pencari suaka untuk segera dipindahkan dari detensi imigrasi di Pulau Manus dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close