Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Turis Tiongkok dan Jepang Ramai Kunjungi Jatim

Jumat, 06 Mei 2016 – 14:06 WIB
Turis Tiongkok dan Jepang Ramai Kunjungi Jatim - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SURABAYA – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Timur (Jatim) terus meningkat. Kenaikan itu terutama dialami wisman dari ASEAN dan Jepang. Dominasi wisman ke Jatim biasanya dikontribusi negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Pada Maret 2016 kunjungan wisman dari dua negara tersebut tumbuh masing-masing 22,7 persen dan 35,58 persen. Jumlah wisman Malaysia yang datang ke Jatim melalui Bandara Juanda mencapai 4.356 orang, sedangkan dari Singapura 2.191 kunjungan.

’’Kenaikan jumlah wisatawan tersebut disebabkan momen Hari Raya Nyepi di Bali. Sebagian wisatawan masuk ke Bali lewat Bandara Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim Teguh Pramono.

Wisman asal Tiongkok dan Jepang juga meningkat. Jumlah wisman Tiongkok ke Jatim mencapai 1.409 kunjungan dengan kontribusi 7,87 persen terhadap total wisman. Untuk Jepang, wismannya berjumlah 533 orang dengan kontribusi 2,98 persen terhadap total kunjungan.

Berbeda dengan Malaysia, Singapura, Tiongkok, dan Jepang, kunjungan wisman asal Taiwan justru turun. Taiwan selama ini tergolong lima besar negara yang berkontribusi terhadap jumlah wisman ke Jatim. Pada Februari 2016 kontribusi wisman Taiwan mencapai 5,43 persen.

Namun, pada Maret 2016 angka tersebut turun menjadi 3,95 persen. ’’Kalau secara total, selama Maret 2016 jumlah wisatawan naik 19,65 persen. Yakni, mencapai 17.894 kunjungan,’’ ucap Teguh. (rin)

 

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close