Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dulu Golkar Tenang Karena Semua Ditanggung Pak Harto

Sabtu, 07 Mei 2016 – 17:11 WIB
Dulu Golkar Tenang Karena Semua Ditanggung Pak Harto - JPNN.COM
Akbar Tanjung. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Guru Besar Universitas Pertahanan Salim Said menilai uang sebagai kunci kesolidan Partai Golkar. Menurutnya, selama urusan finansial anggota-anggotanya terpenuhi, suasana di partai beringin pasti adem ayem.

Dia mencontohkan kondisi Golkar ketika era Orde Baru. Saat itu Golkar solid tanpa ada faksi-faksi yang saling bertentangan di tubuhnya.

Ini tak lepas dari peran mantan Presiden Soeharto yang menjadi pusat semesta Golkar ketika itu. "Semuanya di bawah kontrol Soeharto nggak ada faksi, semua ditentukan oleh Pak Harto," jelas Salim dalam diskusi bertajuk "Akhirnya Golkar Bisa Gelar Munaslub" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/5).

Dikatakannya, dulu Golkar tenang-tenang saja karena semua kebutuhan finansial ditanggung oleh sang presiden. Soeharto melalui yayasannya mengumpulkan uang yang kemudian disalurkan untuk kebutuhan Golkar.

Namun semuanya berubah ketika era reformasi datang. Soeharto kehilangan kekuasaan dan dana yayasan tidak bisa lagi dialirkan ke Golkar. "Pas reformasi, Golkar harus mencari uang sendiri,"

Situasi ini jelas menimbulkan perubahan paradigma di tubuh Golkar. Kader yang punya uang muncul sebagai penguasa-penguasa baru beringin. Bahkan kader senior yang sudah kenyang makan asam garam dunia politik seperti Akbar Tanjung bisa digulingkan mereka. 

"Pak Akbar saja digulingkan oleh yang punya uang. Orang yang punya duit banyak yang bisa memenangkan," sindirnya. (rmol/dil/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close