Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TNI AL Amankan 3 Kapal Malaysia

Kamis, 19 Mei 2016 – 10:25 WIB
TNI AL Amankan 3 Kapal Malaysia - JPNN.COM
Salah satu kapal pengangkut bawang merah ilegal dari Malaysia tujuan Bengkalis yang berhasil diamankan Lanal Dumai, Rabu (18/5). FOTO: DOK.Koarmabar for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) berhasil mengamankan dua kapal pengangkut bawang merah ilegal dari Malaysia tujuan Bengkalis, Rabu (18/5). Kedua kapal itu adalah KM Terbuk II dan KM Sonia.

Menurut Kepala Dispen Koarmabar, Mayor Laut (KH) Budi Amin, kedua kapal yang berlayar dari Sungai Batupahat, Malaysia dengan tujuan Jangkang dan Kembung, Bantan, Bengkalis diamankan karena membawa muatan berupa bawang merah ilegal masing-masing seberat 900 karung atau sekitar 8 ton dan 2.500 karung atau sekitar 25 ton.

Sebelumnya, Lanal Dumai juga mengamankan kapal jenis cargo kayu yang bernama KLM Agung Perkasa GT 398 yang berlayar dari Sungai Linggi, Malaysia dengan tujuan Dumai pada tanggal 16 Mei 2016. Kapal ini membawa muatan pakaian bekas (Ballpress) 39 karung, 1 buah kasur, 2 unit mesin, 3 buah karpet, 1 kardus speaker, 5 kardus kayu siwak, 5 karung peci, 5 kardus obat-obatan herbal dan 4 karung pakaian jubah.

Dari hasil pemeriksaan sementara, ketiga kapal tersebut diduga telah melakukan pelanggaran dengan membawa muatan yang tidak diizinkan masuk ke Indonesia (bawang merah dan ballpress asal Malaysia). Kapal tersebut juga membawa muatan tidak sesuai manifest serta berlayar tanpa izin.

“Atas dugaan pelanggaran tersebut, ketiga kapal ini dikawal menuju dermaga TNI Angkatan Laut Sungai Dumai guna proses pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Budi Amin.(fri/jpnn)  

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close