Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Oo.. Ternyata Ini Awalnya Demo KPK Rusuh

Jumat, 20 Mei 2016 – 19:07 WIB
Oo.. Ternyata Ini Awalnya Demo KPK Rusuh - JPNN.COM
Polisi di dalam gedung KPK mempertahankan diri dari lemparan massa demonstran, Foto: Boy/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Polisi masih mendalami kerusuhan saat demonstrasi di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (20/5) siang. Dua kelompok massa berdemo siang tadi. Pertama dari gerakan Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS). 

Massa ini mendesak KPK menangkap aktor korupsi BLBI, setop subsidi bunga obligasi rekap ex BLBI, tolak tax amnesty, tolak reklamasi Teluk Jakarta dan usut dugaan korupsi pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Aksi massa HMS berjalan tertib. 

Massa sempat menggelar aksi teatrikal menyidir "penyambutan" koruptor BLBI Samadikun Hartono oleh Jaksa Agung Prasetyo di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pascadiringkus di Tiongkok. 

Nah, selang berapa menit berjalan demo pertama, massa lain tiba di KPK. Massa dari Aliansi Masyarakat Jakarta Utara ini sebelumnya berdemo di depan kantor DPRD DKI Jakarta.

"Bahwa aksi unjuk rasa massa HMS tadi relatif kondusif. Kemudian, ada massa limpahan kedua yaitu (yang usai berdemo) dari DPRD," kata Kepala Polsek Setiabudi, Jaksel, AKBP Tri Yulianto, Jumat (20/5) di kantor KPK.

Perwakilan massa dari HMS kemudian diterima untuk beraudiensi dengan pihak KPK. Nah, kelompok kedua juga ingin menemui pihak KPK untuk beraudiensi. "Tapi, karena yang di dalam (perwakilan HMS) belum selesai, kemudian dari massa yang kedua belum masuk, akhirnya ditahan oleh aparat kepolisian," kata Tri.

Kerusuhan pun tak terhindarkan. Gedung KPK dilempar batu dan telur busuk. Polisi yang menghalau dengan menembakkan gas air mata mendapat perlawanan. Suasana mencekam. Jalan Rasuna Said ditutup. Jalan dipenuhi aparat gabungan Brimob, Polsek Setiabudi, Polres Jaksel dan Polda Metro Jaya.

Tri memastikan ada aparat yang menjadi korban dalam peristiwa itu. "Korban ada, nanti kami akan cek lebih lanjut. Kami akan identifikasi dulu," ujarnya.

JAKARTA - Polisi masih mendalami kerusuhan saat demonstrasi di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (20/5) siang. Dua kelompok massa berdemo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close