Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wah Bakal Ada Kartu Tani, Apaan Ya?

Selasa, 24 Mei 2016 – 19:57 WIB
Wah Bakal Ada Kartu Tani, Apaan Ya? - JPNN.COM
Rini Soemarno. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian BUMN berencana menerbitkan kartu tani untuk mendukung pengembangan pertanian. Nantinya, seluruh alokasi subsidi untuk kebutuhan pupuk, bibit dan hasil penjualan produksi pertanian bisa disalurkan lewat kartu itu.

Tiga bank BUMN telah ditunjuk sebagai penerbit kartu sehingga bisa menyalurkan dana subsidi pemerintah kepada para petani. Ketiganya ialah Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI) .

Pilot project artu tani akan dilakukan pada petani tebu yang tersebar di seluruh tanah air. Rencananya, kartu akan diluncurkan pada  Juni 2016.

Meneg BUMN Rini Soemarno mengatakan, keberadan kartu tani ini sangat penting karena pemerintah bisa mengetahui kebutuhan pupuk dan bibit serta bisa memantau hasil panen petani.

Bahkan, kartu tersebut memudahkan petani mendapatkan subsidi dan hasil penjualan ke BUMN atau Bulog.

”Jadi kartu tani  bisa dibayarkan langsung ke rekening petani, sehingga tidak ada uang tunai (cash) yang beredar,” kata dia di Gedung kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (24/5).

Selama ini, sambung Rini, subsidi pupuk dan bibit telah mengakibatkan distorsi besar terhadap perekonomian Indonesia.

 Menko Perekonomin Darmin Nasution menambahkan, sasaran kartu tani saat ini adalah petani tebu. Ke depannya, kartu itu bisa dinikmati petani komoditas lain seperti beras, bawang, dan jagung. “Petani padi lebih kompleks, jadi kami coba dulu untuk petani tebu,” kata Darmin. (hyt)

JAKARTA – Kementerian BUMN berencana menerbitkan kartu tani untuk mendukung pengembangan pertanian. Nantinya, seluruh alokasi subsidi untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close