Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala Museum Nasional Harus Lewat Fit and Proper Test

Rabu, 25 Mei 2016 – 21:16 WIB
Kepala Museum Nasional Harus Lewat Fit and Proper Test - JPNN.COM
Museum. Foto:Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA-- Ketua Asosiasi Museum Indonesia Putu Rudana mendesak pemerintah tidak asal tunjuk Kepala Museum Nasional. Dia berkaca pada kejadian dua tahun lalu. Saat itu, empat artefak yang bernilai sejarah tinggi dicuri oknum tidak bertanggung jawab.

"Kepala Museum Nasional sebaiknya orang yang teruji. Sebab, yang dijaga itu peninggalan sejarah yang tidak ternilai harganya," kata Putu, Rabu (25/5).

‎Putu menyarankan, penempatan figur yang menjadi Kepala Museum Nasional harus melalui fit and proper test. Kepala museum wajib bertanggung jawab terhadap keamanan.

"Kami sangat prihatin dengan hilangnya empat artefak di‎ Museum Nasional dua tahun lalu. Ini karena penjagaan di Museum Nasional tidak mendukung. Kami dari asosiasi akan mengawal ini agar tidak ada lagi benda-benda bersejarah yang dicuri," ucapnya.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)‎ Harry Widianto menambahkan, hingga saat ini empat artefak yang dicuri dua tahun lalu belum ditemukan pihak kepolisian. Sebab dari 18 CCTV, yang berfungsi hanya satu sehingga menyulitkan pencarian. (esy/jpnn)

 

 

JAKARTA-- Ketua Asosiasi Museum Indonesia Putu Rudana mendesak pemerintah tidak asal tunjuk Kepala Museum Nasional. Dia berkaca pada kejadian dua

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close