Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jerry: Kursi Wagub Sumut Harus Diisi

Kamis, 26 Mei 2016 – 00:55 WIB
Jerry: Kursi Wagub Sumut Harus Diisi - JPNN.COM
T. Erry Nuradi dilantik menjadi gubernur Sumut defenitif. Foto: Natalia Lauresn/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Tengku Erry Nuradi sudah resmi menduduki kursi Gubernur Sumut defenitif, setelah dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, kemarin (25/5). Selanjutnya, hiruk pikuk politik di Sumut masih akan berlanjut dengan urusan pengisian kursi wakil gubernur yang sudah kosong.

Sempat muncul wacana, kursi Sumut 2 itu tidak perlu diisi. Alasannya, sudah dua periode kepemimpinan di Sumut, selalu terjadi pecah kongsi antara gubernur dengan wagub. Syamsul Arifin dengan Gatot Pujonugroho. Begitu pun, Gatot dengan Erry.

Namun, menurut Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jerry Sumampouw, kursi wagub Sumut harus tetap diisi. Alasannya, hal tersebut sudah diatur di UU pilkada. Bahwa jika masa tugas terisisa lebih dari 18 bulan, maka kekosongan kursi wakil kepala daerah harus diisi melalui pemilihan oleh DPRD. Seperti diketahui, pasangan Gatot-Erry dilantik pada 17 Juni 2013.

“Apalagi ini masih tersisa sekitar dua tahun. Jadi masih cukup panjang. Sesuai aturan juga sudah jelas, harus diisi kursi wakil yang kosong itu,” ujar Jerry kepada koran ini di Jakarta, kemarin (25/5).

Aktifis asal Manado itu mengakui, memang sulit dihindari munculnya kekhawatiran berulangnya kembali fenomena ketidakakuran alias pecah kongsi di Sumut. Hanya saja, lanjutnya, solusinya bukan lantas membiarkan kursi wakil kosong. Kalau itu terjadi, kata Jerry, rakyat Sumut yang akan dirugikan.

“Ingat ya, Sumut itu wilayahnya sangat luas. Kalau hanya gubernur saja, tanpa wakil, maka rakyat yang akan dirugikan karena pembangunan secara merata akan sulit dilakukan,” kata Jerry.

Muncul juga kekhawatiran bakal terjadi kerumitan politik karena dulunya pasangan Gatot-Erry diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hanura, dan sejumlah partai lain. Sementara, saat ini Erry sudah menjadi politikus NasDem.

Namun menurut Jerry, hal tersebut sebenarnya tidak berpengaruh banyak. Aksi dukung mendukung, lanjutnya, sangat dinamis. “Yang dulu mendukung Erry, bisa saja sekarang tidak lagi mendukung, begitu juga sebaliknya,” terang Jerry.

JAKARTA – Tengku Erry Nuradi sudah resmi menduduki kursi Gubernur Sumut defenitif, setelah dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close