Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RI - Tiongkok Jalin Kerja Sama Penegakan Hukum di Laut

Kamis, 26 Mei 2016 – 10:21 WIB
RI - Tiongkok Jalin Kerja Sama Penegakan Hukum di Laut - JPNN.COM
Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo menerima kunjungan kehormatan Deputy Director General China Coast Guard, Chen Yide, di Kantor Pusat Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (25/5). FOTO: Humas Bakamla RI

jpnn.com - JAKARTA – Indonesia dan Tiongkok melalui Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dan China (Tiongkok, red) Coast Guard menjalin kerja sama penegakan hukum di laut.

Kerja sama bilateral tersebut terungkap saat Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo menerima kunjungan kehormatan  Deputy Director General China Coast Guard, Chen Yide, di Kantor Pusat Bakamla RI, Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

Dalam kunjungannya, Chen Yide didampingi lima delegasi lainnya. Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok, khususnya kerja  sama antara Bakamla RI dan China Coast Guard, terutama dalam hal penegakan hukum di laut.

Dalam kesempatan itu, Chen Yide menyampaikan konsep MoU sebagai bentuk kerja sama ke depannya, rencana pembangunan jalur komunikasi khusus untuk badan-badan penegak hukum di  laut sebagai bentuk integrasi komunikasi terkoordinasi.

“Sebagai bentuk rencana kerja sama ini, China Coast Guard akan mengundang petinggi-petinggi Indonesia untuk melakukan kunjungan ke Tiongkok,” ujar Chen Yide seperti dilansir dalam siaran pers Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Mar Mardiono.

Menanggapi hal itu, Kepala Bakamla RI sangat mengapresiasi rencana kerja sama yang akan dibangun antara kedua instansi yang memiliki fungsi sebagai penegak hukum di laut.

“Bakamla RI tentunya menerima dengan baik rencana kerja sama yang ditawarkan oleh China Coast Guard, namun hal ini perlu dibahas secara internal terlebih dahulu dan diketahui oleh Menteri Luar Negeri serta Menkopolhukam,” ujar Laksdya TNI Ari Sudewo.

Pada pertemuan tersebut, pihak Tiongkok berharap dapat meneruskan kerja sama multilateral dengan Indonesia dibawah kerangka Forum Regional ASEAN dan Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close