Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polisi dari Sejumlah Negara Terkagum-kagum Kemampuan Polri

Jumat, 27 Mei 2016 – 09:31 WIB
Polisi dari Sejumlah Negara Terkagum-kagum Kemampuan Polri - JPNN.COM
KEREN: Robot mengambil benda mencurigakan yang diduga bom saat simulasi penanganan terorisme di halaman JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (26/5). FOTO: JAWA POS

jpnn.com - JAKSEL – Sekitar 40 perwira polisi dari sejumlah negara terkagum-kagum oleh aksi yang ditunjukkan personel Polda Metro Jaya. Sebab, kemarin memang digelar simulasi penanggulangan teroris di Parkir Timur Senayan. Mereka terlihat tekun dan sesekali mengeluarkan seruan kagum saat melihat aksi di depan mereka.

Suara rentetan peluru, ledakan bom yang nyaring, serta pemandangan sejumlah orang berkejar-kejaran di antara ratusan mobil yang terparkir membuat suasana tak ubahnya film action.

Hal itu merupakan bagian dari simulasi penanganan terorisme dan kejahatan lain yang dilakukan Polda Metro Jaya. Simulasi digelar untuk menyambut rombongan para perwira kepolisian dari 20 negara yang mengikuti pertemuan Senior Official Meeting on Transnational Crimes (SOMTC) di Jakarta.

Simulasi penanganan teror itu dimulai dengan adegan dua mobil Toyota Camry hitam yang berkejar-kejaran di kawasan Sudirman, Jakarta. Tiba- tiba empat orang dengan dua sepeda motor mengelilingi mobil paling depan.

Para pelaku kemudian menculik seorang warga sipil dan membawa kabur mobil tersebut. Tidak berapa lama, datang sepuluh petugas unit crisis response team (CRT) Gegana Polda Metro Jaya. Hanya sekitar lima menit, setelah melalui adu tembak, mereka berhasil mengejar dan melumpuhkan mobil itu.

Namun, karena korban masih di tangan pelaku, polisi kemudian menerjunkan anggota dari helikopter. Hal itu untuk membunuh beberapa pelaku yang ada di dekat mobil. Tersisa seorang pelaku yang menahan dan menodongkan pistol ke kepala korban. Polisi tidak bisa mendekat.

Tiba-tiba dari pohon terlihat sniper. Tanpa suara, pelaku itu kemudian roboh.

Ketika diperiksa, ternyata mobil pelaku berisi bom. Tak lama, petugas Jihandak Gegana Polda Metro Jaya tiba. Dengan menggunakan dua mobil, salah seorang petugas yang menggunakan pakaian lengkap membawa robot canggih. 

JAKSEL – Sekitar 40 perwira polisi dari sejumlah negara terkagum-kagum oleh aksi yang ditunjukkan personel Polda Metro Jaya. Sebab, kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close