Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kembali ke Kesukuan dengan Alat Keglobalan

Oleh DAHLAN ISKAN

Senin, 30 Mei 2016 – 06:47 WIB
Kembali ke Kesukuan dengan Alat Keglobalan - JPNN.COM

jpnn.com - KINI ada banjir yang tidak mengenal musim: banjir informasi. Ada semangat yang terus kian tinggi: semangat membuat grup di media sosial. Itulah gejala baru pada zaman media elektronik sekarang ini. Ada baiknya, ada bahayanya. Dan yang pasti banyak repotnya. Dan sering low batt-nya.

Hampir tiap minggu saya di-invite. Untuk dimasukkan satu grup WA baru. Atau Line. Padahal, saya sudah ikut delapan grup. Itu saja bukan main kepadatan lalu lintas di HP saya.  Praktis, tiap detik ada info baru yang menyalakan layar HP. Apalagi kalau ada tokoh yang meninggal. Atau sakit. Semua anggota grup mengirim doa. Bunyinya sama.

Yang agak lumayan kalau ada yang berulang tahun. Memang isinya mirip-mirip semua juga. Tapi, kadang ada lucunya.  Apalagi kalau ada yang kawin: Kadang ada pornonya. Yang tidak pernah memberi info adalah kalau ada yang bercerai. Mungkin takut mantannya cepat laku.

Grup yang saya ikuti sangat bervariasi. Ada yang anggotanya dari empat aliran agama. Ada yang satu agama, tapi dari aliran yang sangat berbeda.  Ada yang grup kelompok aktivis. Ada yang agak khusus: kelompok pimpinan Jawa Pos Group se-Indonesia. Dari semua grup yang saya ikuti, tidak satu pun yang saya inisiatornya.

Seandainya semua invite saya okekan, mungkin sudah lebih dari 100 grup di HP saya. Kini saya terpaksa left dari beberapa grup karena lagi belajar. Di Amerika pula. Dan menulis buku.

Waktu masih BBM dulu, saya yang minta dibuatkan grup-grup BBM. Tapi, sebatas untuk memperlancar pekerjaan: grup eselon I Kementerian BUMN, grup infrastruktur, grup perkebunan, grup pabrik gula, dan seterusnya. Semua terkait dengan pekerjaan. Praktis, semua persoalan dibahas di situ. Pekerjaan bisa dikoordinasikan dengan amat cepat. Juga terbuka untuk semua anggota grup. Produktif sekali.

Kini agak berbeda.   

Dari grup-grup yang saya ikuti, saya bisa melihat banyak hal di luar pekerjaan. Sekaligus mengamati perkembangan sosial.  Yang saya catat, grup-grup WA itu memiliki kecenderungan hanya diikuti kelompoknya sendiri: yang satu ide, satu perjuangan, satu pemikiran.  Bahkan satu tujuan.

KINI ada banjir yang tidak mengenal musim: banjir informasi. Ada semangat yang terus kian tinggi: semangat membuat grup di media sosial. Itulah gejala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Jembatan Lagu

    Kamis, 28 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Jembatan Lagu - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Gambar Komeng

    Rabu, 27 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Gambar Komeng - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Said Abdullah

    Senin, 25 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Said Abdullah - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Kaya Kepepet

    Minggu, 24 Maret 2024 – 07:07 WIB
    Kaya Kepepet - JPNN.com
X Close