Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hihihi..Polisi Nakal Dihukum Berbaris Pakai Sarung

Senin, 30 Mei 2016 – 20:42 WIB
Hihihi..Polisi Nakal Dihukum Berbaris Pakai Sarung - JPNN.COM
Ilustrasi polisi. Foto: dok JPNN

jpnn.com - SURABAYA-- Propam Polda Jatim memberikan hukuman pada para polisi nakal berdasarkan aduan dari masyarakat. Hukuman yang dijatuhkan untuk pelanggar disiplin bersifat pembinaan. Saat ini ada 32 pelanggar yang sedang menjalani pemulihan disiplin di asrama pelanggar Polda Jatim.

Mereka ditempa dengan beragam kegiatan sejak pagi hingga malam selama sebulan.  Sejak bangun tidur, pelanggar sudah disuruh berbaris. Mereka tidak mengenakan seragam. Semuanya bersarung.

 "Itu untuk mengecek anggota lengkap atau tidak," ucap Kasubbid Provos Bidang Propam Polda Jatim AKBP Eddwi Kurniyanto. Setelah itu, mereka diwajibkan salat berjamaan di masjid. Kegiatan pembinaan berlanjut hingga jam dinas selesai.

 Sejak pagi, pelanggar sudah diwajibkan mengenakan helm merah bertulisan pelanggar kode etik. Mereka tidak dibolehkan pulang ke rumah. Semuanya wajib tinggal di polda hingga masa pembinaan selesai.

Pendisiplinan anggota tidak hanya dilakukan dengan menunggu pengaduan. Provos juga melakukan pengawasan di sejumlah tempat yang berpotensi menjadi tempat pelanggaran. Misalnya, tempat hiburan malam, kafe, dan lain-lain. "Operasi sudah beberapa kali dilakukan. Masih akan berlanjut," ungkapnya.

Operasi juga dilaksanakan di dalam Mapolda Jatim. Misalnya, pengecekan secara acak dokumen senjata api bagi yang membawa, pemeriksaan seragam, kaus kaki, SIM, STNK, sampai kaus dalam. Menurut dia, hal itu adalah ketertiban dasar. Karena itu, jika ada temuan pelanggaran, pihaknya akan memberikan perhatian serius.

Sementara itu, polisi pelanggar kode etik yang sedang menjalani pembinaan kadang dikunjungi atasannya. Mereka mengenakan helm merah bertulisan pelanggar kode etik. Saban pagi dan tengah hari para polisi mbeling itu berlari mengelilingi halaman polda. (eko/c6/c20/git/flo/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close