Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WASPADA! Mulai Beredar Makanan Kedaluwarsa

Selasa, 31 Mei 2016 – 00:18 WIB
WASPADA! Mulai Beredar Makanan Kedaluwarsa - JPNN.COM
Petugas BPOM Kota Padang menunjukkan makanan kedaluwarsa. Foto: Padang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com - TELUKBAYUR – Warga mesti hati-hati berbelanja bahan makana untuk persiapan bulan Ramadhan. Sebab, saat ini mulai beredar produk kedaluwarsa di pasaran. 

Dalam Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) Padang di salah satu supermarket terbesar di Padang kemarin ditemui dua jenis produk makanan yang sudah lewat masa kedaluwarsanya. 

Yakni sarden kaleng Green Chili ukuran 425 gram harga Rp 18.250 yang masa kedaluwarsanya sudah lewat, yaitu 1 Mei 2016. Produk lain yang sudah kedaluwarsa adalah makanan jajanan anak berupa Jely-jely.

Sidak dilakukan BPOM Kota Padang bersama Disperindagtamben Padang dalam rangka menyambut bulan suci Ramdhan. Tim sidak juga melihat kondisi penyimpanan barang di distributor-distributor barang di kawasan Telukbayur. 

Di situ beberapa kesalahan dalam penyimpanan barang masih ditemukan, seperti tata letak barang. Barang yang nonmakanan belum dipisahkan, sehingga dikhawatirkan produk makanan terkontaminasi oleh produk lain. Seperti produk kecantikan atau produk rumah tangga.

Pantauan Padang Ekspres (Jawa Pos Group) di salah satu supermarket terbesar di Padang, tim BPOM dan Disperindak memfokuskan pengecekan terhadap barang-barang yang biasanya banyak dicari selama Ramadhan maupun jelang Hari Raya Idul Fitri. Seperti kue-kue Lebaran, kecap, mie instan, dan makanan ringan lain.

Saat melakukan pengecakan, tim juga langsung memilah beberapa barang yang kemasannya sudah rusak, seperti kaleng-kaleng kue yang penyok. Selain itu, juga masih ditemukan produk makanan impor berupa cake yang izin edarnya sudah habis. 

Di supermarket itu, tim juga langsung melihat ke dalam gudang penyimpanan. Selain itu, tim juga mengingatkan pengelola supermarket supaya menempelkan tanggal kedaluwarsa. Terutama untuk barang yang dijual secara terpisah atau eceran.

TELUKBAYUR – Warga mesti hati-hati berbelanja bahan makana untuk persiapan bulan Ramadhan. Sebab, saat ini mulai beredar produk kedaluwarsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close