Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bupati Cantik Ini Yakini Trisakti Mujarab untuk Majukan Daerah

Selasa, 31 Mei 2016 – 05:05 WIB
Bupati Cantik Ini Yakini Trisakti Mujarab untuk Majukan Daerah - JPNN.COM
Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti (bertopi) saat menyuapi warganya dalam salah satu acara. Foto: tabanankab.go.id

jpnn.com - JAKARTA - Bupati Tabanan di Provinsi Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti menyatakan, konsep Trisakti sangat tepat untuk diterapkan dalam membangun  daerah. Menurutnya, gagasan Bung Karno itu bisa diadopsi oleh gubernur, bupati atau pun wali kota untuk memajukan daerah masing-masing.

Eka mengatakan hal itu usai menghadiri sebuah acara di salah satu stasiun televisi di Jakarta, Senin (30/5). Bupati asal PDIP yang dikenal memiliki paras menarik itu mengatakan, konsep tentang Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, serta berkepribadian di bidang budaya bisa dimulai dari pembangunan daerah.

Namun, kunci penting penerapan Trisakti ada pada komitmen pemimpin terhadap rakyatnya. “Jika ia sudah memiliki jiwa yang prorakyat, maka konsep Trisakti ini bisa digunakan untuk memajukan daerah atau negara yang dipimpinya,” katanya.

Ia lantas membeber konsep Trisakti yang diterapkan di Tabanan. Untuk mewujudkan kedaulatan politik, Eka justru menempatkan Pemerintah Kabupaten Tabanan sebagai pelayan rakyat.

Menurutnya, rakyat merupakan prioritas dalam pembangunan. “Jika Tuhan sudah meridai dan rakyat senang, ya kita jalankan,” katanya.

Sedangkan untuk konsep kemandirian di bidang ekonomi, Eka selama memimpin Tabanan selalu memanjakan petani. Sebab, petani merupakan kunci penting dalam mewujudkan kemandirian pangan.

“Berbagai hal telah kita coba lakukan, seperti selalu membeli hasil tani mereka dan membuat peraturan daerah supaya berpihak kepada petani. Jika petani sudah sejahtera, masyarakat Tabanan pun akan ikut sejahtera,” ujar Eka.

Sedangkan untuk konsep kepribadian di bidang budaya, Eka selalu berupaya menjaga agar nilai-nilai lokal tak tergerus oleh kebudayaan asing. Terlebih, Tabanan juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata sehingga banyak turis asing atau pun domestik yang datang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close