Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perempuan Bisa Depresi Gara-Gara Perbedaan Gaji Lho..

Selasa, 31 Mei 2016 – 06:45 WIB
Perempuan Bisa Depresi Gara-Gara Perbedaan Gaji Lho.. - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: worklife

jpnn.com - Kesenjangan upah antara perempuan dan laki-laki mungkin menjadi salah satu alasan mengapa wanita memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang lebih tinggi. Ini berdasarkan hasil studi baru di Amerika.

Wanita dengan pendapatan lebih rendah dibandingkan laki-laki walau pun mereka berpendidikan dan pengalaman kerja yang sama 2,5 kali lebih mungkin untuk memiliki depresi parah  dari pada laki-laki. Tapi, perempuan yang memiliki pendapatan sama dengan rekan-rekan pria mereka tidak memiliki risiko lebih besar depresi dari pada lawan jenisnya.

" Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa beberapa perbedaan gender dalam depresi dan kecemasan mungkin karena efek dari struktur ketidaksetaraan gender dalam dunia kerja," kata penulis studi, Jonathan Platt  seperti dilansir laman Health.

Para peneliti melihat  itu berdasarkan data yang dikumpulkan dari kurang lebih 22.000 orang dewasa yang bekerja usia 30 - 65 tahun. Informasi dikumpulkan dari  2001 dan 2002. Secara keseluruhan, perempuan hampir dua kali lebih mungkin didiagnosa dengan depresi pada tahun lalu dari pada laki-laki.

Para peneliti juga menemukan bahwa wanita memiliki risiko gangguan kecemasan umum dalam satu tahun terakhir. Tapi, sekali lagi, ketika para peneliti memecahkan hasil turun oleh pendapatan, mereka melihat kesenjangan upah gender membuat perbedaan.

“Wanita yang menerima upah kurang dari laki-laki memiliki risiko sekitar empat kali lebih tinggi dari gangguan kecemasan daripada pria,” imbuhnya. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Social Science & Medicine.(fny/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close