Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Memperkuat UKM

Selasa, 31 Mei 2016 – 15:44 WIB
Begini Cara Memperkuat UKM - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Radar Sukabumi

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Koperasi Sandiaga S. Uno mengatakan, peran UMKM perlu diperkuat  agar bisa tumbuh dan mampu bersaing. 

“Penguatan  UMKM  bisa dilakukan dengan memberikan kemudahan untuk akses pembiayaan, regulasi, akses pasar, kemudahan berusaha hingga akses terhadap kemajuan teknologi dan digital,” kata Sandiaga, Selasa (31/5).

Menurutnya, penguatan UMKM  sangat penting  karena sektor ini telah terbukti tangguh saat Indonesia mengalami krisis ekonomi pada 1998 dan 2008. Di saat perekonomian runtuh, kata Sandiaga, sektor UMKM mampu bertahan dan memberi sumbangan yang signifikan pada ekonomi saat itu.

"Jadi UMKM dan koperasi itu tak bisa dipandang sebelah mata,” katanya. Ia berharap pelaku UMKM bisa mengikuti kemajuan teknologi agar bisa dimanfaatkannya dengan baik.

"Nantinya mereka (pelaku UKM.red) bisa melakukan exposure dan menjaring konsumen lebih luas lagi," ucap Sandiaga.  Meski demikian, sambung dia, UMKM dinilai masih memiliki berbagai hambatan yang patut menjadi perhatian pemerintah dan pihak-pihak terkait. (hyt)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Koperasi Sandiaga S. Uno mengatakan, peran UMKM perlu diperkuat  agar bisa tumbuh dan mampu

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close