Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mantan Karyawan Bank Dalangi Pembuatan Uang Palsu

Selasa, 31 Mei 2016 – 22:04 WIB
Mantan Karyawan Bank Dalangi Pembuatan Uang Palsu - JPNN.COM
Ilustrasi pelaku peredaran uang palsu sudah ditangkap. Foto: dokumen jpnn

jpnn.com - ROKANHULU — Polsek Tandun meringkus empat tersangka pengedar uang palsu di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Jumat (27/5).

Mirisnya, RP, 32, otak pelaku peredaran uang palsu itu adalah mantan pegawai bank. Warga Jalan Datuk Tabano, Bangkinang, Kampar, Riau mencetak uang palsu itu dari kertas HVS.

‘’Uang ini dicetak di rumahnya tersangka Rp di Bangkinang. Berkat kerja kertas jajaran Polsek Tandun dan dibantu Sat Reskrim Polres Rohul, berhasil ungkap peredaran uang palsu ini,’’ kata Kasat Reskrim Polres Rohul AKP M Wirawan Novianto SIK disela-sela ekspose di Mapolres Rohul, Senin (30/5).

Dikatakan AKP M Wirawan, dari pengakuan tersangka bahwa upal baru pertama kali diedarkan di wilayah hukum Polres Rohul yakni di Kecamatan Tandun. Namun demikian, uang palsu ini sempat beredar di Pekanbaru.

‘’Sudah dua minggu mereka menjalankan bisnis ini. Bahkan dari pengakuan tersangka uang palsu itu sudah beredar di Pekanbaru sebanyak lebih kurang Rp5 juta,’’ ujar AKP M Wirawan seperti dikutip dari pekanbarumx (Jawa Pos Group).

Kasat menerangkan, motif pelaku yakni dengan mengambil sisa uang kembalian dari hasil belanja untuk nendapatkan keuntungan dari uang palsu.

Ditambahkan AKP M Wirawan, sasaran peredaran uang palsu ini terutama warung-warung di pinggir jalan yakni dengan membelanjakan uang itu untuk membeli rokok dan jajanan lainnya. Dengan demikian, para pengedar ini akan mendapatkan keuntungan dari sisa kembalian yang dibelanjakan.

‘’Dengan demikian mereka akan dapat keuntungan,’’ tutup AKP M Wirawan.

ROKANHULU — Polsek Tandun meringkus empat tersangka pengedar uang palsu di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Jumat (27/5). Mirisnya, RP,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close