Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tambah Usia Bikin Makin Bahagia Lho..

Rabu, 01 Juni 2016 – 06:00 WIB
Tambah Usia Bikin Makin Bahagia Lho.. - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: www.storytrap.com

jpnn.com - Anda khawatir umur Anda terus bertambah? Penuaan sebenarnya bisa membuat Anda lebih bahagia. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Developmental Psychology menemukan bahwa kita akan lebih bahagia seiring bertambahnya usia, dimulai dari usia remaja. Untuk penelitian ini, para peneliti dari University of Alberta meneliti dua kelompok anak senior sekolah tinggi dari usia 18 - 43 tahun dan sekelompok senior perguruan tinggi dari usia 23- 37 tahun.

Yang diteliti adalah perasaan bahagia mereka. Kedua kelompok menunjukkan peningkatan kebahagiaan dalam usia 30-an dengan sedikit penurunan pada usia 43 tahun untuk kelompok sekolah tinggi. Ada juga peningkatan kebahagiaan pada usia 18 tahun dan 30 tahun. Tapi secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa orang merasa bahagia di usia 40-an dari pada mereka pada usia 18 tahun.

" Kami agak terkejut karena penemuan sebelumnya telah menemukan bahwa orang merasa bahagia di masa muda, kurang bahagia di usia pertengahan dan kemudian lebih bahagia lagi karena saat mereka lebih tua," kata penulis studi, Harvey Krahn, seperti dilansir laman Glamour.

Jadi mengapa kita lebih bahagia seiring dengan bertambahnya usia? Krahn mengatakan itu karena hidup cenderung sedikit lebih tenang seiring bertambahnya usia. 

" Seiring bertambahnya usia, karier Anda biasanya berjalan dengan baik, hubungan dan kehidupan keluarga relatif stabil," paparnya.

Ia mengatakan, remaja dan orang di awal 20-an memiliki banyak ketidakpastian dalam kehidupan mereka. Ini berpotensi menyebabkan tingkat kebahagiaan lebih rendah. Sementara itu, alasan peningkatan kebahagiaan pada usia 18 tahun dan 30 tahun, Krahn mengatakan mungkin karena semua hal menarik cenderung terjadi selama waktu itu. Seperti menyelesaikan sekolah dan menetap ke dalam suatu hubungan.(fny/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close