Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siapa Bilang Kapal Perang Milik TNI AL Tenggelam? Hanya...

Rabu, 01 Juni 2016 – 10:17 WIB
Siapa Bilang Kapal Perang Milik TNI AL Tenggelam? Hanya... - JPNN.COM
KRI Pati Unus 384 saat bersandar di Pelabuhan Sambas, Sibolga, 2 Juni 2015. Foto: Marihot Simamora/New Tapanuli/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tersiar kabar di media sosial yang menyebut KRI Pati Unus - 384 (PTS-384) tenggelam di Perairan Balawan, Medan. 

Ada yang mengabarkan bahwa kapal perang itu diserang torpedo, sehingga tenggelam. Peristiwa itu terjadi pada 13 Mei lalu. Bahkan, anak buah kapal (ABK) disebut-sebut ikut tenggelam.

Namun, TNI Angkatan Laut membantah jika kapal itu dikatakan tenggelam.  Kapal tersebut hanya mengalami kebocoran dan tidak sampai karam, karena sudah dievakuasi.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Edi Sucipto menyatakan, kapal itu mengalami kerusakan, tapi tidak sampai tenggelam. KRI Pati Unus mengalami kebocoran setelah diduga menabrak bangkai kapal di bawah air. 

"Bocor di Perairan Balawan setelah menabrak benda di bawah permukaan air," papar dia. Jadi tidak benar jika dikatakan kapal karam setelah ditembak torpedo. Itu hanya kabar burung yang menyebar di media sosial.

Dia juga membantah jika dikatakan ABK ikut tenggelam. Menurutnya, komandan dan semua ABK dalam keadaan sehat dan aman. Ketika kapal itu mengalami kebocoran, KRI Pati Unus langsung mendapat pertolongan dari Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) dan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I, Balawan. 

Kapal juga masih bisa bersandar dengan selamat. Jadi, saat ini posisi tidak berada di tengah laut, tapi di pinggir. Mesin kapal juga tidak mengalami kerusakan, sehingga kapal masih bisa menyala. "Hanya bocor saja. Mesin normal," terang dia.

Sekarang, kapal tersebut masih dalam perbaikan. Namun, proses perbaikan bagian yang bocor terkendala cuaca. Sebab, posisi kapal berada di area permukaan yang terbuka, sehingga angin gelombang mempengaruhi pekerjaan menutup bagian bawah kapal yang bocor. "Petugas masih terus berupaya memperbaiki," papar Edi.

JAKARTA - Tersiar kabar di media sosial yang menyebut KRI Pati Unus - 384 (PTS-384) tenggelam di Perairan Balawan, Medan.  Ada yang mengabarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close