Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setelah 20 Tahun, Terowongan Terpanjang di Dunia ini Diresmikan

Kamis, 02 Juni 2016 – 08:23 WIB
Setelah 20 Tahun, Terowongan Terpanjang di Dunia ini Diresmikan - JPNN.COM
Presiden Swiss Johan Schneider-Ammann dan Kanselir Jerman Angela Merkel di terowongan GBT. FOTO : abc.net

ERSTFELD - Terowongan kereta api (KA) terpanjang resmi ada di Swiss. Tepatnya di Pegunungan Alpen yang masuk wilayah Swiss. Presiden Swiss Johan Schneider-Ammann meresmikan Gotthard Base Tunnel (GBT), terowongan sepanjang 57 kilometer itu, dengan disaksikan para pemimpin Eropa lainnya.

Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, dan Presiden Prancis Francois Hollande menjadi rombongan penumpang pertama yang menjajal terowongan baru tersebut. Nanti, selain kereta penumpang, trayek Kota Erstfeld-Bodio itu akan dilewati kereta barang. 

"Terowongan ini akan menghubungkan masyarakat sekaligus perekonomian Eropa," kata Schneider-Ammann. Meski Swiss bukan anggota Uni Eropa (UE), kesuksesan pembangunan GBT menuai apresiasi Komisioner Transportasi UE Violeta Bulc. "Ini anugerah Tuhan bagi Benua Eropa," ujarnya tentang GBT. 

Berkat GBT, KA tak perlu lagi melewati rel menanjak atau zig-zag. Selain hemat bahan bakar, melewati terowongan yang dibangun menembus pegunungan itu jelas hemat waktu. 

ERSTFELD - Terowongan kereta api (KA) terpanjang resmi ada di Swiss. Tepatnya di Pegunungan Alpen yang masuk wilayah Swiss. Presiden Swiss Johan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close