Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hati-Hati Jika Kesemutan Lama, Bisa Jadi itu Tanda....

Minggu, 05 Juni 2016 – 06:02 WIB
Hati-Hati Jika Kesemutan Lama, Bisa Jadi itu Tanda.... - JPNN.COM
Ilustrasi FOTO : freepik

SURABAYA – Anda sering merasakan kesemutan di area telapak tangan? Atau bahkan mungkin disertai rasa tersetrum? Hati-hati dan jangan anggap enteng. Sebab bisa jadi itu berkaitan dengan carpal tunnel syndrome(CTS). . 

Spesialis ortopedi RSAL dr Ramelan dr Adi Suriyanto SpOT mengungkapkan, jumlah pasien CTS cukup tinggi. Dalam sepekan, selalu ada pasien baru. Itu di RSAL saja. Di rumah sakit lain bisa jadi juga banyak. Ada pasien yang datang dengan keluhan pada kedua tangan. 

Pasien dengan CTS, menurut dia, mengalami penyempitan di bagian terowongan tangan. "Penyempitan itu mengganggu saraf medianus di tangan," ujarnya.

Saraf tersebut merawat ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan separo jari manis. Jika saraf itu terganggu, keluhan yang paling sering disampaikan adalah kesemutan atau gringgingen. Kemudian, saat dipegang, kulit tangan terasa menebal sampai tidak bisa merasakan sentuhan. Pada kondisi berat, saat telapak tangan disentuh, pasien seperti tersetrum listrik. 

SURABAYA – Anda sering merasakan kesemutan di area telapak tangan? Atau bahkan mungkin disertai rasa tersetrum? Hati-hati dan jangan anggap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close