Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sedikit Lagi, Kaltim Tambah 1 Kabupaten

Kamis, 16 Juni 2016 – 01:01 WIB
Sedikit Lagi, Kaltim Tambah 1 Kabupaten - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Radar Tarakan

jpnn.com - SANGATTA – Kutai Utara tinggal selangkah lagi menjadi kabupaten. Pasalnya, draf usulan telah teregistrasi dengan nomor urut 74 dari 165 wilayah yang juga mengusulkan dimekarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Karena itu, tinggal menunggu disahkannya Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pemekaran turunan dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

"Yang jelas usulan kami sudah masuk di Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri. Sekarang tinggal menunggu RPP tentang pemekaran disahkan," ujar Kepala Bidang (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Alexander Siswanto, Selasa (14/6) kemarin.

Meskipun begitu, jika RPP disahkan, beberapa ketentuan syarat yang telah dilengkapi kemungkinan akan mengalami perubahan. Bisa jadi tim Panitia Percepatan Pemekaran Kabupaten (P3K) Kutara harus menyusun ulang draf usulan.

Sebab, daerah yang disetujui untuk dimekarkan nantinya disebut sebagai Kabupaten Persiapan, bukan Daerah Otonomi Baru (DOB) seperti sebelumnya.

"Tapi tidak jadi masalah. Karena kami sudah masuk daftar. Apalagi tim yang dibentuk pemerintah sangat solit. Sehingga, tidak butuh waktu lama untuk mewujutkan Kutara menjadi kabupaten," tuturnya. (aj/jos/jpnn)

SANGATTA – Kutai Utara tinggal selangkah lagi menjadi kabupaten. Pasalnya, draf usulan telah teregistrasi dengan nomor urut 74 dari 165 wilayah

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close