Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa 5,3 SR Guncang Mentawai

Selasa, 21 Juni 2016 – 23:23 WIB
Gempa 5,3 SR Guncang Mentawai - JPNN.COM
Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Gempa kembali mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat, Selasa (21/6) pukul 21.23 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan 5,3 SR itu berpusat di 98 kilometer tenggara Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman hiposentrum‎ 34 kilometer.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Mentawai memang merupakan daerah yang rawan gempa. Namun demikian, BMKG melaporkan bahwa gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Sumber gempa berasal dari jalur subduksi pada pertemuan lempeng Hindia Australia dan Lempeng Eurasia. Mentawai merupakan daerah yang rawan tinggi gempa dan tsunami," ujar ‎ Sutopo.

Menurutnya, berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai dan sejumlah masyarakat, gempa dirasakan sekitar 20 detik di Siberut Barat Daya. Selain itu, gempa terasa cukup keras juga dirasakan di Tua Pejat selama kurang lebih 15 detik.

Masyarakat setempat bahkan sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Saat ini kondisi sudah kondusif kembali dan belum ada dampak laporan kerusakan.

"Intensitas gempa III-IV MMI di Tua Pejat, III MMI di Siberut dan II MMI di Kota Padang. Dengan skala intensitas gempa seperti itu, diperkirakan tidak akan menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan," ujar Sutopo.(gir/jpnn)

JAKARTA - Gempa kembali mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat, Selasa (21/6) pukul 21.23 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close