Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Jumat, 24 Juni 2016 – 18:45 WIB
Ini Penyebab Menstruasi Tidak Teratur - JPNN.COM
Ilustrasi

jpnn.com - SECARA normal, siklus menstruasi atau datang bulan terjadi setiap satu bulan sekali. Setiap wanita memiliki periode yang berbeda. Adapula wanita yang mengalami telat datang bulan.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab wanita telat datang bulan. Salah satunya adalah PCOS (Polycystic ovary syndrome), yakni penyakit pada wanita yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon.

"Kurang dari 50 persen dari wanita dengan PCOS tahu mereka mengalaminya. Namun, itu sebenarnya masalah ovulasi cukup umum. Antara 5-10 persen dari wanita menstruasi muda memilikinya," kata seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale University School of Medicine, Mary Jane Minkin, MD, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (23/6).

Berikut empat hal yang perlu Anda ketahui tentang gangguan PCOS.

1. Ada sekelompok gejala.

Jerawat, rambut yang berlebihan (alias hirsutisme), infertilitas dan berat badan, semua terkait dengan PCOS. Selain itu, masalah metabolik seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan bahkan diabetes semuanya terkait dengan PCOS.

Tak ada salahnya jika memeriksanya ke dokter kandungan Anda.

2. Kista bukanlah segalanya.

SECARA normal, siklus menstruasi atau datang bulan terjadi setiap satu bulan sekali. Setiap wanita memiliki periode yang berbeda. Adapula wanita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close