Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Pernyataan Dua Wakil Gubernur Soal Menara BTS

Sabtu, 25 Juni 2016 – 02:12 WIB
Ini Pernyataan Dua Wakil Gubernur Soal Menara BTS - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: Radar Bangka/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Bidang Humas dan Promosi Daerah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), yang juga Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengapresiasi operator seluler yang telah membangun infrastruktur telekomunikasi ke pelosok nusantara. Sebab pembangunan infrastruktur telekomunikasi itu berdampak positif terhadap kemajuan perekonomian masyarakat di daerah.

"Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi infrastruktur kelima berfungsi untuk meningkatkan layanan publik dan membantu proses administrasi pemerintahan," kata Anas, usai menggelar pertemuan dengan sejumlah wakil gubernur, Jumat (24/6).

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah oleh operator seluler,  lanjutnya, sangat memudahkan komunikasi dan aktivitas perekonomian masyarakat daerah.

"Peningkatan penggunaan internet sebesar 10 persen di suatu daerah, dapat mendongkrak ekonominya 1,38 persen," ungkap Anas mengutip sebuah riset.

Sebagai catatan, menurut MobileWorldLive, hingga kuartal ketiga 2015, perusahaan operator seluler Telkomsel menguasai pangsa pasar nasional sebesar 45 persen, Indosat 21,6 persen, Tri Indonesia 14,4 persen, dan XL Axiata 14 persen.

Tahun lalu, Telkomsel, yang merupakan anak usaha BUMN PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, menggencarkan pembangunan dan pengelolaan infrastruktur fiber optic hingga ke wilayah Timur Indonesia dengan membangun jaringan fiber optic sepanjang 8.772 kilometer menghubungkan Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Saifullah Yusuf menambahkan, sebagai operator seluler, Telkomsel berperan besar dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah-daerah. Dia contohkan, jumlah UMKM di Jawa Timur mencapai 4,2 juta. Di antaranya sudah menembus pasar ekspor.

"Tentu keberadaan infrastruktur telekomunikasi sangat membantu interaksi mereka dengan dunia global," kata Gus Ipul.

JAKARTA - Ketua Bidang Humas dan Promosi Daerah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), yang juga Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close