Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Yuddy Adopsi Smart Kampung Ala Banyuwangi untuk 57 Daerah

Sabtu, 25 Juni 2016 – 08:16 WIB
Menteri Yuddy Adopsi Smart Kampung Ala Banyuwangi untuk 57 Daerah - JPNN.COM
Menpan RB Yuddy Chrisnandi saat berkunjung ke Smart Kampung di Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah Banyuwangi. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - BANYUWANGI – Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi mengapresiasi program Smart Kampung yang digagas Pemkab Banyuwangi. Program ini akan diadopsi pada 57 daerah yang telah ditunjuk Kemenpan sebagai role model standar pelayanan publik nasional.

Saat kunjungannya ke Banyuwangi, Kamis (24/6), Menpan mengaku terkejut ada Smart Kampung di Banyuwangi. "Saya awalnya membahas tentang Smart City dengan Bupati Banyuwangi (Abdullah Azwar Anas), ternyata saya malah dibawa ke Smart Kampung. Saya langsung kagum dengan program ini," kata Yuddy.

Saat itu Yuddy dibawa ke Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah Banyuwangi untuk melihat secara langsung penerapan Smart Kampung di sana. 

Alumni Universitas Indonesia itu melihat langsung balai desa, perpusatakaan mini, dan ruang pelayanan publik yang terkoneksi internet.

Yuddy mengatakan selama ini pihaknya ketika ke tiap daerah, selalu membahas tentang pelayanan publik yang prima, dan tata kelola pemerintahan yang baik untuk menuju Smart City.  "Tidak pernah sekalipun kami berbicara tentang Smart Kampung. Sehingga ketika tadi Pak Anas menceritakan program Smart Kampung, saya langsung terkejut," kata Yuddy.

Yuddy mengakui selama ini pihaknya memang belum terpikirkan membangun desa cerdas, seperti yang ada di Banyuwangi. Dengan adanya Smart Kampung, membuat pelayanan publik di desa menjadi tidak terhambat.

Selama ini, pelayanan publik di desa sering terhambat karena jauhnya jarak dari desa ke kota. Apalagi seperti di kebanyakan desa-desa Jawa Timur, banyak masyarakat desa membutuhkan waktu berjam-jam ke kota hanya untuk mengurus administrasi.

"Dengan adanya Smart Kampung yang telah terkoneksi dengan fiber optik untuk internet di tiap desa, bisa memotong waktu yang lama itu. Pendata KTP nya bisa langsung terkoneksi. Pelayanan publik bisa makin cepat," kata Yuddy.

BANYUWANGI – Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi mengapresiasi program Smart Kampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close