Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Musim Mudik Tiba, RSUD Cianjur Siapkan 100 Kantong Mayat

Senin, 27 Juni 2016 – 23:33 WIB
Musim Mudik Tiba, RSUD Cianjur Siapkan 100 Kantong Mayat - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: dok jpn

jpnn.com - CIANJUR – Jajaran tim Forensik dan Instalasi Pemulasaraan Jenazah (IPJ) RSUD Cianjur tak mau ketinggalan dalam membantu arus mudik lebaran tahun ini. Bentuk partisipasi itu di antaranya menyediakan personel kesehatan, ambulans sampai kantong mayat.

Pihak RSUD menyediakan hingga 100 kantong mayat untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas ataupun insiden lainnya yang mengakibatkan nyawa melayang. “Selain kantong mayat, kita juga siapkan 50 rol kain kafan sebagai antisipasi bila diperlukan. Itu bisa dipakai untuk membungkus kurang lebih 80 orang,” ungkap Kepala Forensik dan IPJ RSUD Cianjur, Jajat Multazam kepada Radar Cianjur, Minggu (26/6).

Jumlah tersebut, menurut Multazam dirasa cukup untuk langkah awal dalam mengantisipasi kecelakaan lalu lintas pada arus mudik dan balik tahun ini. Ia bersama jajarannya juga mengaku sudah benar-benar siap mengamankan arus mudik dengan memasang anggota yang setiap waktu bisa di terjunkan.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini kami lebih siap karena didukung oleh tambahan armada serta perlengkapan pendukung lainnya bila terjadi kecelakaan. Tahun lalu belum ada yang seperti ini,” terangnya.

Pantauan Radar Cianjur (Grup Pojokjabar.com), baik kantong mayat maupun kain kafan serta yang perlengkapan lainnya, sudah tersimpan dan tertata rapi di ruangan forensik untuk dipergunakan. Demikian pula dengan tempat penyimpanan jenazah/freezer serta yang tak kalah penting, armada yang sudah dalam keadaan siap pakai.

Tak cukup sampai disitu, Multazam juga telah menambah armada ambulans, lengkap dengan pengendaranya menjadi sepuluh unit. Sebelumnya, Multazam hanya memiliki tujuh unit disertai tujuh sopir. Kesepuluh ambulance tersebut dalam kondisi layak pakai.

“Kita bentuk dua tim ambulance forensik dan transportasi. Baik ambulans atau sopirnya, semua dalam kondisi yang baik dan stabil. Siap mendukung pelaksanaan arus mudik dan balik tahun ini,” paparnya.

Multazam paham betul bahwa keberadaan armada ambulans sangat penting sebagai alat angkut utama dalam menangani kecelakaan selama arus mudik berlangsung. Oleh karena itu, pihaknya mengalokasikan dua unit ambulans nantinya bakal berkeliling ke setiap titik-titik perbatasan Cianjur.

CIANJUR – Jajaran tim Forensik dan Instalasi Pemulasaraan Jenazah (IPJ) RSUD Cianjur tak mau ketinggalan dalam membantu arus mudik lebaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close