Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mensos Ujicoba Bantuan Non-Tunai PKH dengan Kartu Combo

Selasa, 28 Juni 2016 – 03:03 WIB
Mensos Ujicoba Bantuan Non-Tunai PKH dengan Kartu Combo - JPNN.COM
Mensos Khofifah Indar Parwansa. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - MALANG - Sebanyak 74 kabupaten kota akan menjadi proyek percontohan penyerahan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dari tunai menjadi non tunai. 

Menteri Sosial Khofifah Indar Parwansa menjelaskan perubahan mekanisme ini untuk meningkatkan akses keluarga miskin terhadap pelayanan  keuangan inklusif, sekaligus menghilangkan penyalahgunaan bantuan,  meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan penyaluran dana bansos PKH. 

"Presiden telah berkomitmen untuk menghilangkan berbagai praktek penyelewengan dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat miskin. Bantuan sosial dengan non tunai juga bertujuan untuk mengurangi inflasi. Apalagi kalau banyak program bansos menjadi non tunai dan terintegrasi," paparnya, Senin (27/6).

Khofifah menjelaskan kota Malang dijadikan sebagai titik awal pelaksanaan penyaluran bansos non tunai. Kementrian Sosial sendiri menggandeng BNI untuk menerbitkan kartu kombo (kartu bisa) untuk penyaluran bansos non tunai yg memiliki multifungsi seperti membeli beras rastra, sembako, bantuan usaha ekonomi produktif, bantuan rumah layak huni dsn program bansos lainnya.

" Para keluarga miskin yang menerima bantuan PKH bisa langsung menggunakan kartu combo BNI untuk berbelanja kebutuhan hidup di E-Warung KUBE-PKH yang mempunyai status Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera, didirikan oleh para penerima PKH. Dengan adanya simbiosis ini maka para penerima bansos PKH juga bisa mendapatkan manfaat selain bisa belanja juga bisa mendapatkan sisa hasil usaha E-Warung Kube PKH," tambah mensos.

BNI sendiri mempunyai 10.200 agen Laku Pandai atau lebih di kenal dengan Lembaga Keuangan Digital ( LKD ). Mensos berharap BNI bisa menjadi tempat penyaluran bansos PKH.

Pemerintah sendiri tahun ini akan menyerahkan bantuan sosial PKH sebesar 9.8 triliun rupiah dan akan dinaikkan menjadi 12.7 triliun rupiah tahun 2017 dan untuk beras sejahtera sebesar 21.9 triliun rupiah.

" Kenaikan bansos ini disebabkan adanya tambahan pencairan. Seluruh penerima PKH sebanyak 6 juta keluarga akan menerima bantuan sebanyak 4 kali dalam satu tahun dengan jumlah bervariasi masing masing penerima bantuan, " tegas mensos.

MALANG - Sebanyak 74 kabupaten kota akan menjadi proyek percontohan penyerahan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dari tunai menjadi non

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close