Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penting! Cara Agar Terhindar dari Vaksin Palsu

Rabu, 29 Juni 2016 – 15:50 WIB
Penting! Cara Agar Terhindar dari Vaksin Palsu - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BANJARMASIN - Dokter spesialis anak RSUD Ulin dan RS Islam Banjarmasin Kalimantan Selatan Edi Hartoyo memberikan tips pada orang tua dan pelayan kesehatan berkaitan dengan vaksi palsu.

Bagi orang tua, waspadai selisih harga vaksin yang jauh. Harga eceran tertinggi vaksin di atas Rp 600 ribu. "Kalau ketemu Rp 400 ribu jangan senang," ujarnya di laman Radar Banjarmasin.

Dia mengingatkan. Lebih aman lagi, vaksinlah anak di Posyandu. Sementara bagi pelayan kesehatan, sebelum memberi vaksin, mereka diminta mencatat nomor batch di botol.

Sehingga ketika terjadi kasus semacam ini, asal mula vaksin mudah dilacak.Edi lalu memberi contoh nomor bacth dari botol suntiknya. Di situ tertera angka-angka berupa kode produksi, waktu produksi, sampai harga eceran tertinggi.

"Anda tinggal telepon pabriknya, kasih kodenya, bisa terlacak jalur distribusinya. Nah, kode ini yang tidak bisa dipalsukan," jelasnya. Kebiasaan mencatat nomor batch akan memudahkan penyelidikan pihak berwenang. (fud/by/ran/yuz)

BANJARMASIN - Dokter spesialis anak RSUD Ulin dan RS Islam Banjarmasin Kalimantan Selatan Edi Hartoyo memberikan tips pada orang tua dan pelayan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close