Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramadan, Ujian untuk Tingkatkan Derajat Keimanan

Jumat, 01 Juli 2016 – 13:25 WIB
Ramadan, Ujian untuk Tingkatkan Derajat Keimanan - JPNN.COM
Prajurit Lanal Malang mengikuti ceramah agama di Masjid Al Arief, Mako Lanal Malang, Kamis (30/6). FOTO: Dispen Lantamal V for JPNN.com

jpnn.com - MALANG - Bintara Rohani Pangkatan Angkatan Laut (Lanal) Malang, Serda Solikin memberikan tauziah tentang peningkatan keimanan di bulan suci Ramadan 1437 H.

Menurut  Solikin, Ramadan adalah bulan yang suci bagi umat Islam. Pada bulan ramadan Allah SWT mewajibkan umat Islam untuk berpuasa. Hal itu merupakan rukun Islam ke-3 agar menjadi hamba yang bertaqwa.

"Ramadan pada dasarnya adalah bulan dimana umat Islam menjalani tes, ujian untuk naik tingkatan ke derajat keimanan dan ketaqwaan yang lebih tinggi kepada Allah SWT,” ujar Solikin di hadapan prajurit Lanal Malang di Masjid Al Arief, Mako Lanal Malang, Kamis (30/6).

Secara kejiwaan, kata dia, puasa membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, bersikap jujur. Juga mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kokoh dalam diri yang merupakan hikmah puasa yang paling utama untuk memperoleh Lailatul Qodar.

Ramadan merupakan bulan perbaikan diri dengan memperbanyak amal ibadah seperti salat tarawih, tadarus Alquran, dan lain-lain. "Allah menjanjikan pahala berlipat bila dilaksanakn dengan penuh keihlasan. Dengan puasa, diharapkan dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,” kata Solikin seperti dilansir dalam siaran pers Dispen Lantamal V.

Selain itu, dengan puasa juga mengajarkan kita untuk meningkatkan kepedulian sosial. Ia berharap dapat merasakan bagaimana menahan lapar dan haus yang biasa dialami oleh saudara-saudara kita yang kurang mampu.

“Harapannya kita dapat menjadi pribadi yang peduli dan tergerak untuk membantu meringankan beban orang-orang yang kurang mampu melalui zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim di bulan Ramadan,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Palaksa Lanal Malang Letkol Laut (P) Eko Hariyanto beserta Perwira Staf, Kalapetal beserta Staf, Anggota Militer,PNS dan Ibu-ibu Jalasenastri Lanal Malang serta masyarakat sekitar Lanal Malang.

MALANG - Bintara Rohani Pangkatan Angkatan Laut (Lanal) Malang, Serda Solikin memberikan tauziah tentang peningkatan keimanan di bulan suci Ramadan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close