Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas, Semarang Bakal Kebanjiran saat Lebaran

Senin, 04 Juli 2016 – 17:47 WIB
Awas, Semarang Bakal Kebanjiran saat Lebaran - JPNN.COM
Banjir akibat rob atau kenaikan permukaan air laut di Semarang, Jawa Tengah. Foto: Radar Semarang/JPG Foto: Radar Semarang

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tentang potensi banjir dari rob atau pasang air laut di Kota Semarang. Dalam prediksi BMKG, rob akan menggenangi sebagian wilayah di ibu kota Jawa Tengah itu pada saat Idulfitri, Rabu (6/7).

Menurut Kepala Bidang Ekologi BMKG, Agus Wahyu,  banjir rob merupakan siklus bencana alam bulanan yang biasa terjadi di pantai utara Pulau Jawa. Ia mengatakan, pada 5-6 Juli akan terjadi pasang maksimal.

“Pasang terjadi karena bulan, bumi, matahari segaris tiap bulan dua kali. Bulan baru atau bulan mati dan bulan purnama," ujar Agus, Senin (4/7).

Meski demikian, BMKG belum belum bisa memprediksi ketinggian rob. Agus hanya mengatakan, ketinggian pasang air relatif tergantung kondisi cuaca dan ketinggian tanggul yang ada.

‎"Semarang rutin kena rob terus karena daerahnya rendah. Jakarta juga, kemarin tanggul jebol karena ada anomali kenaikan tinggi muka laut, kurang lebih 10-20 centimeter," ujar Agus.(gir/jpnn)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close