Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Empat Cara Ini Bisa Memangkas Risiko Terkena Kanker

Jumat, 08 Juli 2016 – 14:19 WIB
Empat Cara Ini Bisa Memangkas Risiko Terkena Kanker - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto healthycare

jpnn.com - GAYA hidup sehat bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Para penulis dari studi baru menemukan, 20-40 persen kasus kanker dan sekitar 50 persen dari semua kematian akibat kanker bisa dicegah, dengan melakukan empat hal.

Yakni olahraga secara teratur, menjaga BMI yang sehat, bebas asap rokok dan melewatkan minuman keras.

"Profil gaya hidup di AS telah berubah secara dramatis dan kami ingin memberikan gambaran diperbarui," kata pemimpin penulis, Dr. Mingyang Song, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (7/7).

Menurut Song, sepertiga dari risiko kanker di seluruh jaringan dalam tubuh mungkin disebabkan oleh lingkungan atau genetika. Dan sisanya mungkin disebabkan oleh mutasi DNA secara acak dalam sel induk.

Para peneliti membagi orang ke dalam dua kelompok, yang berdasarkan gaya hidup mereka. Pertama dianggap berisiko rendah atau sehat dan kelompok kedua yang beresiko tinggi.

Kemudian, peneliti melihat seberapa besar kemungkinan orang-orang di masing-masing kelompok berisiko tinggi mengembangkan kanker paru-paru, payudara, pankreas, kandung kemih dan banyak lagi.

Namun, kanker kulit dan kanker otak tidak terkait dalam penelitian ini. Sebab hal itu sangat terkait dengan penyebab sinar UV dan karsinogen lainnya.

Dan inilah kuncinya, orang-orang dalam kelompok berisiko rendah bersama empat karakteristik berikut:

GAYA hidup sehat bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Para penulis dari studi baru menemukan, 20-40 persen kasus kanker dan sekitar 50

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close