Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Tenaga Kerja Asal Tiongkok Kerja di Bali

Sabtu, 23 Juli 2016 – 15:27 WIB
Ratusan Tenaga Kerja Asal Tiongkok Kerja di Bali - JPNN.COM
Ilustrasi DPR. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan hasil temuan Panja Tenaga Kerja Asing (TKA) yang melakukan kunjungan ke Bali, Jumat (22/7) terkait fenomena TKA di Indonesia.

 Di sana ditemukan ada ratusan TKA berasal dari Tiongkok yang bekerja pada beberapa proyek. Menurut Saleh, pada satu titik, misalnya, ditemukan lebih dari 157 orang pekerja Tiongkok. Sementara pekerja lokalnya sekitar 350.

"Dari laporan dinas tenaga kerja setempat, para pekerja itu hadir seiring dengan masuknya investasi Tiongkok ke sana. Kehadiran mereka adalah bagian dari perjanjian investasi yang disepakati," katanya kepada JPNN.com, Sabtu (23/7).

Dari pendalaman yang dilakukan Komisi IX, ada beberapa pelanggaran yang sempat ditemukan. Antara lain, adanya IMTA yang tidak sesuai dengan realitas pekerjaan yang dikerjakan.

Misalnya, di dalam IMTA disebutkan bahwa ada yang keahliannya accounting tetapi bekerja pada bagian personalia. Begitu juga, ada yang di dalam IMTA-nya bekerja sebagai mekanik, namun di lapangan bekerja sebagai buruh kasar.

Ada juga fakta bahwa para TKA itu tidak bisa berbahasa Indonesia. Pengumuman dan instruksi di tempat kerja mereka menggunakan bahasa Tiongkok. Hal ini jelas menyulitkan tenaga kerja lokal yang hanya mampu berbahasa Indonesia.

"Kendala bahasa ini tentu mengakibatkan adanya kesulitan transfer of knowledge, bahkan dari TKA yang sangat ahli dalam bidangnya,” imbuhnya. (fat/jpnn)

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan hasil temuan Panja Tenaga Kerja Asing (TKA) yang melakukan kunjungan ke Bali,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close